Gorontalo (ANTARA) - Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, Jumat, mengatakan, penghargaan yang diterima Pemerintah Provinsi Gorontalo dari Kementerian Dalam Negeri dalam hal pengelolaan APBD 2021, merupakan prestasi gubernur dan wakil gubernur sebelumnya, Rusli Habibie dan Idris Rahim.

“Tentunya keberhasilan ini masih berkaitan dengan gubernur sebelumnya Pak Rusli Habibie dan Pak Wagub Idris Rahim. Jadi saya ingin mengucapkan terimakasih kepada mereka yang telah mengawal tata kelolah pemerintahan sehingga kita mendapatkan penghargaan ini,” kata Noer, di Jakarta.

Baca juga: IPDN beri penghargaan Kartika Pamong Praja kepada Gubernur Gorontalo

Ia menghargai ASN yang solid dan bahu membahu dalam mengerjakan tugas, serta masyarakat Gorontalo yang selama ini telah mendukung semua program pemerintah.

Menurut dia, peran kepala daerah cukup menentukan dalam hal pencapaian tersebut karena jika politik kebijakan tidak dilakukan dari atas maka di bawah juga akan macet.

“Apa yang telah dilakukan Pak Rusli dan Pak Idris merupakan sebuah kebijakan yang sangat maksimal, padahal saat ini masih pendemi tapi kita mampu meraih realisasi tertinggi dan belanjanya juga tertinggi. Harapan saya ini kita akan pertahankan atau tingkatkan tahun depan,” ujarnya.

Baca juga: Bupati Bone Bolango terima penghargaan dari Kemenag

Sementara itu Habibie mengatakan keberhasilan itu bukan semata-mata kerja kerasnya bersama Idris Rahim, tetapi berkat kerja keras seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Ia juga sangat bangga melihat Noer saat hadir menerima penghargaan, menggunakan kain khas Gorontalo yakni karawo dan upia (kopiah) karanji.

Baca juga: Gorontalo raih anugerah Prahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

Provinsi Gorontalo meraih dua penghargaan sekaligus yakni terbaik satu dalam Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi dan terbaik tiga Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi.

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022