Kulon Progo (ANTARA) - Sebanyak 111 calon haji dari Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta diberangkatkan ke Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi pada 16 Juni 2022 untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo Wahib Jamil di Kulon Progo, Jumat, mengatakan kuota haji untuk DIY sejumlah 1.427 orang, sedangkan untuk Kulon Progo sejumlah 111 orang, terdiri atas 48 laki-laki dan 63 perempuan.

"Pada suasana pandemi COVID-19, Pemerintah Arab Saudi memberikan pembatasan usia yang bisa berangkat haji maksimal 65 tahun pada 30 Juni. Namun karena keterbatasan aturan ini, Kulon Progo hanya bisa memberangkatkan 111 orang, yang seharusnya berjumlah 253 orang," kata dia di sela-sela pamitan jamaah calon haji dari daerah itu di Aula Tanjung Adikarto Kabupaten Kulon Progo.

Ia mengatakan aturan pembatasan usia ini sifatnya sementara, tidak merupakan keputusan yang bersifat terus-menerus tetapi karena alasan pandemi COVID-19.

 Baca juga: Kemenag: JCH Palangka Raya berangkat dalam dua kloter

Nantinya, kata dia, akan dievaluasi sejalan dengan perkembangan pandemi COVID-19.

Oleh sebab itu, JCH yang berusia di atas 65 tahun untuk menunggu kembali pemberangkatan mereka.

"Semoga di tahun depan semua bisa kembali normal, bisa diberangkatkan ibadah ke Tanah Suci," ujar dia.

Ia menyebut satu di antara 111 calon haji itu, berangkat dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Jadi dulu daftarnya di Kulon Progo namun pindah domisili," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi teken Keppres biaya haji 2022

Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengucap syukur setelah beberapa waktu lalu kegiatan ibadah haji ditutup sementara akibat pandemi COVID-19 yang melanda dunia, akhirnya ibadah haji tahun ini diselenggarakan.

“Saya mengajak kepada seluruh umat Muslim di Kabupaten Kulon Progo, untuk berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan diri, baik secara materi maupun mental, agar dapat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci,” kata dia.

Ia menyatakan jajaran pemkab bersama masyarakat Kulon Progo mendoakan JCH yang berangkat tahun ini selamat sampai tujuan dan pada waktunya kembali ke Tanah Air dengan selamat pula.

“Maka dari itu, bapak ibu sekalian diharapkan tetap dapat menjaga kesehatan fisik, istirahat yang cukup dan menjaga pola makan dengan baik, bekal takwa dan doa adalah yang terbaik, dengan harapan semoga menjadi seorang haji yang mabrur," katanya.

Baca juga: PPIH Daker Madinah siap menyambut jamaah calon haji di Tanah Suci
Baca juga: Pemkab Barito Timur fasilitasi keberangkatan jamaah calon haji
Baca juga: Calon haji Kloter I Padang tiba di Asrama Haji Tabing

Pewarta: Sutarmi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022