Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Banten melalui Dinas Kesehatan melakukan tes usap PCR kepada 389 calon jamaah haji yang merupakan kloter pertama dan akan berangkat hari Sabtu (4/6).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni di Tangerang, Jumat, mengatakan hasil tes PCR 389 jamaah haji akan disampaikan besok pagi sebelum keberangkatan.

Sesuai aturan, jika hasil tes PCR tersebut positif maka keberangkatan calon jamaah haji akan dijadwalkan ulang sebab harus menjalani isolasi terlebih dahulu.

"Hari ini, dilakukan tes usap untuk 389 calon haji kloter pertama yang akan berangkat besok. Malam ini juga kami selesaikan hasil tesnya dan besok pagi sudah bisa dibagikan," kata Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dini Anggraeni di Gedung MUI Kota Tangerang.

Baca juga: 869 calon jamaah haji asal Tangerang siap diberangkatkan

Baca juga: Jamaah calon haji Embarkasi Jakarta dapat layanan jalur cepat


Dinas Kesehatan pun sudah memberikan imbauan kepada para jamaah untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19.

"Kita terus sosialisasikan mengenai protokol kesehatan kepada masyarakat agar keberangkatan sesuai dengan jadwal dan dalam kondisi sehat," kata dia.

Salah satu calon jamaah haji, Muhammad Wasyid berharap perjalanannya kali ini diberikan kelancaran dan semua dapat selamat hingga pulang kembali ke Indonesia.

"Saya sudah daftar dari 2012, harusnya berangkat tahun 2020 tetapi karena pandemi jadi diundur dan baru sekarang bisa berangkat. Saya harap, saya dan istri bisa menjadi haji mabrur dan mabrurah dan selamat saat berangkat dan sampai pulang kembali ke Indonesia," katanya dalam keterangannya.*

Baca juga: 111 calon haji Kulon Progo diberangkatkan 16 Juni

Baca juga: Kemenag: JCH Palangka Raya berangkat dalam dua kloter

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022