Kota Pekanbaru (ANTARA) - Petugas gabungan hingga saat ini terus berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Pelintung Dumai dengan mengerahkan personil dan helikopter water bombing (WB).

"Petugas BPBD Riau sudah diturunkan ke Dumai, termasuk helikopter WB yang juga diterbangkan ke Dumai," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, kepada media, di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan untuk membantu memadamkan karhutla di Dumai, BPBD Riau sudah mengerahkan personil ke lokasi, sekaligus tim Satgas udara penanganan kathutla juga sudah mengerahkan helikopter ke Pelintung, Dumai.‎

Edy mengimbau masyarakat agar jangan bermain-main dengan api dan tetap mengingat prinsip, api itu kecil jadi teman, besar jadi lawan.

Baca juga: Petugas gabungan padamkan kebakaran lahan di Kampar

Baca juga: Nanas hingga udang jadi upaya pencegahan Karhutla di Riau


"Kami mohon jangan sampai bermain-main dengan api, apalagi saat musim panas. Karena sedikit saja api, apalagi areal gambut, pasti meluas dengan cepat, sebab gambut sulit dipadamkan. Masyarakat harus berhati-hati, jangan membuang puntung rokok sembarangan," katanya.

Selanjutnya, untuk masyarakat di pedesaan, terutama di areal gambut, jika menemukan tanda-tanda api, segera di informasikan ke Polsek, Camat, Koramil. Bisa juga langsung menghubungi ke BPBD kabupaten atau kota di tempat masing-masing.

Ia menambahkan, berkat kerja keras petugas, saat ini sejumlah wilayah yang sebelumnya ditemukan karhutla sudah berhasil dipadamkan, seperti ‎karhutla di Pelalawan, Kampar dan Rohul sudah bisa dikendalikan oleh petugas dan saat ini tinggal pendinginan saja.*

Baca juga: Wamen LHK minta semua pihak mewaspadai kebakaran hutan saat kemarau

Baca juga: Menuju penanggulangan karhutla ber-SNI

Pewarta: Frislidia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022