Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa ajang balap mobil listrik Formula E yang berlangsung di Jakarta atau disebut Jakarta E-Prix 2022 akan semakin memperkuat komitmen tuan rumah menuju kota ramah lingkungan.

"Formula E ini adalah sebuah momen penting di dalam sejarah kota kita untuk menuju kota yang ramah lingkungan, kota yang ikut menyelamatkan planet karena kita bersama-sama mencoba mengurangi efek rumah kaca di tanah kita sendiri," kata Anies di media center Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Jumat.

Ajang olahraga yang ditonton oleh lebih dari 150 negara tersebut, menurut Anies akan memberi pesan kuat kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab di dalam menghadapi climate change, global warming dengan memulai transformasi, menuju kendaraan ramah lingkungan.

Jakarta menetapkan target pada 2015 bahwa akan mengurangi efek rumah kaca sebesar 30 persen pada 2030.

"Alhamdulillah sekarang masih delapan tahun sampai ke 2030 dan kita sudah berhasil menurunkan sampai 26 persen. Kita berharap ini nanti bisa tercapai, mudah-mudahan tahun 2025, lima tahun lebih cepat dari target," ucap Anies.

Selain itu, Jakarta juga menetapkan akan mencapai net zero emission pada 2050. Anies bertekad untuk mencapai fase itu dalam kurun waktu 28 tahun.

Untuk mencapai target tersebut, Anies mengatakan telah memulai langkah dengan melakukan konversi atas kendaraan umum menggunakan listrik.

"Kemarin saya sampaikan 100, ternyata kita berhasil meninggikan target mudah-mudahan tahun ini bisa 200 bus listrik, kemudian semua bis baru akan menggunakan energi listrik," kata Anies.

"Jadi, balap mobil ini bukan sekadar balap mobil biasa, tetapi ini adalah balap mobil dengan semangat keberlanjutan lingkungan hidup. Karena itu, efeknya bukan hanya ekonomis tapi juga ekologis, ini yang kita ingin targetkan sama-sama. Dan, Insya Allah pesan ini akan terus bergaung dan kesadaran kita semua," ujarnya menambahkan.

Jakarta E-Prix 2022, yang merupakan seri kesembilan Formula E, akan memanas dengan pertarungan sengit para pebalap yang berebut podium. Para pebalap akan memulai rangkaian jadwal yang padat pada Sabtu pagi dimulai dengan pemeriksaan medis oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Para pebalap dijadwalkan memulai latihan bebas sebanyak dua kali sesi pada pagi hari, yang akan dilanjutkan dengan kualifikasi dengan pada siang hari, dengan puncak balapan akan berlangsung pada pukul 15.04WIB.

Baca juga: Presiden Jokowi bakal saksikan balapan Formula E secara langsung
Baca juga: Sejumlah pebalap Formula E antisipasi cuaca panas Jakarta

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022