Sesuai dengan jadwal, beliau akan ke Pesantren Tebuireng. Ini kami sedang mempersiapkan beberapa agendanya
Jombang, Jatim (ANTARA) - Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bersiap menyambut rencana kedatangan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang dijadwalkan akan mengunjungi pesantren itu pada Sabtu (4/6) 2022.

"Sesuai dengan jadwal, beliau akan ke Pesantren Tebuireng. Ini kami sedang mempersiapkan beberapa agendanya," kata Pengurus Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang Abror Rosyidin di Jombang, Jumat.

Sesuai dengan jadwal, rombongan Wapres ke Pesantren Tebuireng pada Sabtu pagi. Rombongan menuju ke "ndalem kasepuhan" di Pesantren Tebuireng Jombang. Setelahnya menuju ke makam yang ada di area pesantren.

Di makam itu, dimakamkam K.H. Hasyim Asy'ari, pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama, K.H. Wahid Hasyim, tokoh nasional sekaligus ayahanda mantan Presiden K.H. Abdurrahman "Gus Dur" Wahid.

Selain makam Gus Dur, ada juga makam K.H. Sholahudin "Gus Sholah" Wahid yang merupakan adik Gus Dur sekaligus pernah menjadi pengasuh PesantrenTebuireng, Jombang, dan sejumlah keluarga lainnya.

Di lokasi makam tersebut, Wapres akan ziarah di makam K.H. Hasyim Asyari, K.H. Wahid Hasyim, K.H. Abdurrahman Wahid .

Selanjutnya, Wapres menuju Gedung K.H. Yusuf Hasyim di lantai tiga Pesantren Tebuireng, menghadiri halal bihalal dan temu alumni nasional Pesantren Tebuireng.

Setelahnya, Wapres menuju RS. Hasyim Asy'ari, meninjau lokasi rumah sakit.

Wapres kemudian menuju Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang, silaturahmi dan ziarah makam K.H. Bisri Syansuri.

Rombongan kemudian menuju Universitas K.H. A. Wahab Habullah, dalam peresmian gedung Universitas K.H. A. Wahab Habullah. Setelahnya, rombongan bersiap meninggalkan lokasi kembali ke Jakarta.

Dalam kegiatan kunjungan Wapres itu, sebanyak 3.257 pasukan diterjunkan untuk pengamanan. Pasukan disebar mulai jalur yang dilewati rombongan hingga titik rombongan Wapres berkunjung di Jombang.

Wapres mengadakan kunjungan kerja di Jawa Timur, selama tiga hari, mulai Kamis (2/6) hingga Sabtu (4/6). Lokasi yang dituju antara lain di Lumajang, Surabaya hingga Jombang.

Wapres juga sudah berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Ulum di Desa Rejoso, Peterongan, Jombang, pada hari keduanya melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur, Jumat.

Selain melakukan shalat Jumat di ponpes tersebut dengan bertindak sebagai imam salat, Wapres juga menyaksikan penyerahan bantuan santripreneur secara simbolis dari Kepala Baznas kepada tiga perwakilan mustahik. 

Baca juga: Wapres bahas perkembangan dunia Islam dengan Gus Solah

Baca juga: Ribuan Orang Padati Pesantren Tebu Ireng

Baca juga: Tebu Ireng gandeng LIPI untuk tingkatkan kawasan

Baca juga: Dubes AS dorong santri Tebuireng tuntut ilmu di AS

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022