Dari ribuan karya yang mengikuti penjurian, foto karya Galih Pradipta memang "outstanding"
Jakarta (ANTARA) - Tiga pewarta foto ANTARA berhasil memenangkan penghargaan Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2022 yang dilaksanakan di Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/6). Mereka adalah Galih Pradipta, Muhammad Adimaja dan Fransisco Carolio.

Galih Pradipta berhasil menyabet penghargaan paling bergengsi ajang tersebut yaitu Photo of The Year 2022 melalui karya foto esai berjudul Juara Indonesia.

Foto esai Galih bercerita tentang antusiasme warga Papua saat menonton pertandingan sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Merauke, Papua.

Warga menyaksikan pertandingan tim sepak bola putri Papua melawan tim sepak bola putri Babel pada semifinal Sepak Bola Putri PON Papuadi Stadion Katalpal, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (9/10/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU. 

Sedangkan Muhammad Adimaja berhasil meraih Foto Esai Terbaik Kategori "Spot News" dengan karya berjudul Misi Pencarian Burung Besi oleh Manusia Katak. Karya foto Adimaja ini diambil saat proses pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Januari 2021.


Pewarta foto ANTARA lainnya, Fransisco Carolio juga menggondol penghargaan Foto Tunggal Terbaik Kategori "Spot News" melalui karya berjudul Evakuasi Korban Selamat. Foto itu diabadikan saat proses penyelamatan korban longsor di Sibolangit, Deli Serdang, Sumut, 23 Oktober 2021.
 

Warga berusaha mengevakuasi korban longsor yang selamat di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (23/10/2021). ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/foc.

Dewan juri APFI 2022 yang terdiri atas Adek Berry, Ati Nurbaiti, Ferdy Siregar, Priyambodo R.H, dan Oscar Motuloh menyeleksi sebanyak 2.892 karya dari 236 pewarta foto dan memilih 15 foto terbaik dari 7 kategori. Ketua Dewan Juri, Adek Berry mengomentari tentang proses pemilihan Photo of The Year 2022.

"Dari ribuan karya yang mengikuti penjurian, foto karya Galih Pradipta memang 'outstanding'," katanya.

Adek Berry yang juga fotografer AFP itu menambahkan foto karya Galih, selain memberi aura semangat sportivitas, juga mengingatkan Indonesia adalah negara yang besar dan kaya akan budaya.

"Senyuman gadis Papua memberikan energi positif untuk maju setelah hampir dua tahun kita didera pandemi COVID-19. Garis vertikal dan horizontal pagar memberi kekuatan visual yang menangkap mata juri," katanya.

Ketua Umum PFI Pusat, Reno Esnir memberikan apresiasi kepada seluruh pemenang dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan APFI 2022 ini.

Ia mengatakan bahwa ajang APFI ini merupakan bentuk penghargaan kepada para jurnalis foto yang telah bekerja berjibaku mengabadikan peristiwa penting dan membingkai sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Dalam APFI tahun ini, panitia juga memberikan Lifetime Achievement Award sebagai bentuk penghormatan kepada pewarta foto yang sudah berpulang akibat wabah COVID-19. Almarhum Saiful Bahri (ANTARA FOTO) dan Yuyung Abdi (Jawa Pos) terpilih karena dedikasinya sebagai pewarta foto senior yang berintegritas dan giat menyebarluaskan semangat fotojurnalistik semasa hidupnya.

Baca juga: Lima pewarta foto ANTARA raih Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2019

Baca juga: "The Godfather of Broken Heart" raih foto esai terbaik APFI

Baca juga: Anggota Muda PFI Padang raih penghargaan "Photo of The Year" APFI 2021


Pewarta: Prasetyo Utomo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022