Kotabaru juga akan menjadi pilihan karena memiliki wisata bahari, wisatawan domestik dan mancanegara pasti akan berdatangan
Kotabaru (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, yang memiliki 144 pulau akan menjadi penyangga sekaligus destinasi wisata unggulan di pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kotabaru juga akan menjadi pilihan karena memiliki wisata bahari, wisatawan domestik dan mancanegara pasti akan berdatangan," ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat membuka Festival Budaya Saijaan 2022 di Kotabaru, Jumat.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) nanti, lanjut dia, akan menyusun peta perjalanan baru untuk menumbuhkembangkan wisata baru.

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Sayed Jafar berkunjung ke Desa Rampa Indah untuk menandatangani prasasti pencanangan Desa Wisata Rampa Berkah.

Rombongan Menparekraf langsung menuju wisata Siring Laut menggunakan kapal Bangau mengikuti parade perahu hias.

Sandiaga Uno juga melakukan peletakan batu pertama revitalisasi kawasan wisata Siring Laut, sekaligus penandatanganan prasasti sebagai tanda diresmikannya Pusat Informasi Turis. 

"Kita harus bekerja sama untuk memulihkan sektor wisata ini," ajak dia.

Dikatakan, Kabupaten Kotabaru yang memiliki 144 pulau nantinya akan menjadi penyangga IKN Nusantara, sekaligus pintu gerbangnya.

“Kehadiran Menteri merupakan suatu kebanggaan bagi kami, masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kotabaru,” kata Bupati Sayed Jafar.

Menurutnya, kehadiran menteri menjadi penyemangat dan inspirasi dalam mengembangkan pariwisata yang ada di Bumi Saijaan itu.

 
 

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022