Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melepas keberangkatan jamaah calon haji kloter 1 dari Embarkasi Surabaya di Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Pemberangkatan jamaah calon haji kloter pertama Surabaya untuk tahun ini merupakan perjalanan perdana sejak terjadinya pandemi COVID-19.

Dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Sabtu disebutkan, Wapres tiba di VIP Room Terminal 2, Bandar Udara Internasional Juanda pukul 07.00 WIB.

Baca juga: JCH hanya butuh 30 menit di imigrasi dengan layanan "fast track"

Selanjutnya, Wapres langsung menuju pesawat Saudi Arabia Airline SV 5141 yang akan membawa jamaah menuju Madinah.

Di dalam kabin pesawat, Wapres menyapa langsung para jemaah, dan berpesan agar jamaah fokus beribadah dan menjaga protokol kesehatan secara ketat.

"Saya minta di sana betul-betul yang pertama ya, karena masih COVID-19 belum habis, supaya menjaga kesehatannya," ujar Wapres melalui broadcast radio pesawat.

"Yang kedua, sekarang ini musim panas, nanti bapak-bapak, ibu-ibu jangan keluyuran. Nah karena panasnya agak tinggi, jadi supaya menjaga diri. Ini penting untuk kesehatan Bapak Ibu," lanjutnya.

Sementara kepada para petugas haji, Wapres mengimbau untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik.

"Jangan sampai di sana petugasnya sibuk sendiri, ibadah sendiri, sehingga tidak melayani jamaah. Jadi supaya melayani jamaah dengan baik," imbau Wapres.

Menutup pesannya, Wapres turut mendoakan keselamatan dan kelancaran para jemaah Indonesia yang akan menuju ke Baitullah untuk beribadah haji.

"Banyak-banyak ibadah kepada Allah. Karena itu, pemerintah mendoakan semuanya berjalan dengan baik," ujar wapres.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir mendampingi Wapres berpesan, agar seluruh jamaah dapat beribadah dengan khusyu dan kembali ke tanah air dengan selamat.

"Alhamdulillah Allah memanggil Ibu Bapak sekalian sebagai tamu Allah pada pelaksanaan ibadah haji 1443 Hijriah. Mudah-mudahan semuanya sehat, yang di rumah juga sehat, yang melaksanakan ibadah haji semuanya khusyu dan mabrur. Aamiin," ujat Khofifah.

Jumlah jemaah haji yang termasuk dalam kloter 1 Surabaya sebanyak 449 orang dengan rincian 445 orang calon haji dan 4 orang petugas haji.

Secara keseluruhan, Embarkasi Surabaya direncanakan memberangkatkan 38 kloter dengan total jemaah 16.967 orang, dengan rincian 16.087 calon haji dari Jawa Timur, 318 dari Bali, 291 dari NTT, 119 dari Palembang, dan 152 petugas kloter.

Kloter terakhir direncanakan berangkat pada 2 Juli 2022.

Baca juga: Setiap calon haji akan dapat teh hingga saus setiba di Tanah Suci
Baca juga: Jamaah Indonesia akan menempati 29 hotel di Madinah

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022