Ada 105 orang yang kami tempatkan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 105 petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara mengatur lalu lintas  dari enam titik kepadatan di luar kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan Jakarta Utara, Sabtu.

"Untuk anggota kami kerahkan satu hari ini sampai nanti kegiatan selesai. Ada 105 orang yang kami tempatkan di beberapa titik kawasan di sekitar Ancol," kata Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak di Jakarta Utara, Sabtu.

Harlem mengatakan petugas Sudinhub Jakarta Utara akan mengarahkan pelaku perjalanan yang tidak mau ke Ancol melewati jalan alternatif lain supaya terhindar dari kepadatan yang terjadi saat ada kegiatan balap mobil listrik Formula E Jakarta.

"Untuk titik yang kami jaga ada enam titik, ada di pintu barat Ancol, pintu timur Ancol jembatan goyang, lalu di pintu karnaval, lalu di lampu lalu lintas Bintang Mas, Jakarta International Stadium juga ada, dan di sekitar sepanjang Jalan RE Martadinata," kata Harlem.

Saat ini, kepadatan lalu lintas masih terjadi di sepanjang Jalan RE Martadinata. Menurut Harlem, itu disebabkan adanya pengemudi truk peti kemas yang biasa berhenti sebentar di sana untuk menambal ban.

Harlem mengatakan petugas tidak menutup pintu masuk Ancol, melainkan membantu mengatur area wisata tersebut agar steril hanya untuk pengunjung Ancol maupun penonton Formula E sesuai dengan kategori tiket yang dimiliki.

"Kan sudah ada di situ tertulis, dia dari mana masuk, kami mengarahkan dia ke situ. Jadi ada tempat untuk menurunkan penumpang (drop off)-nya di Jakarta International Expo, ada di Jakarta International Stadium. Nah dari sana sudah disiapkan bus pengumpan untuk mengantar mereka ke tempat berlangsungnya Formula E," kata Harlem.
Baca juga: TransJakarta sediakan 50 bus pengumpan JI Expo Kemayoran - Ancol
Baca juga: Formula E, atap tribun ambruk di JIEC Ancol sudah terpasang kembali
Baca juga: Balapan Formula E Jakarta bakal disiarkan langsung televisi nasional

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022