Boyolali (ANTARA) - Pengelola Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, menyiapkan lima tempat parkir untuk pesawat pengangkut jamaah haji pada musim haji tahun 2022/1443 Hijriah.

"Untuk penempatan pesawat terbang yang mengangkut haji, kami telah menyiapkan lima parking stand (tempat parkir), yaitu di parking stand 8, 10, 11A, 13A, dan 15," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan di Boyolali, Sabtu.

Pengelola Bandara Adi Soemarmo telah menyiapkan petugas serta sarana dan prasarana pendukung operasional penerbangan haji.

Menurut Yani, pesawat yang digunakan untuk mengangkut jamaah haji tahun ini adalah pesawat Airbus A330-900 Neo dengan 367 tempat duduk. 

Ia menjelaskan, penerbangan untuk pemberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi dilaksanakan mulai 4 Juni sampai 3 Juli 2022 dan penerbangan untuk pemulangan jamaah haji ke Tanah Air berlangsung mulai 15 Juli sampai 13 Agustus 2022.

"Jamaah calon haji kloter pertama telah diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo pada Sabtu sekitar pukul 00.30 WIB. Jamaah kloter pertama berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 6101," katanya.

Ia menambahkan, kelompok terbang pertama jamaah haji dari Embarkasi Solo yang diberangkatkan pada Sabtu dini hari terdiri atas 360 orang yang berasal dari Kabupaten Pati.

Jamaah dalam kelompok terbang dua Embarkasi Solo yang terdiri atas 352 orang asal Pati dan Jepara diberangkatkan menuju ke Madinah, Arab Saudi, pada pukul 05.55 WIB dari Bandara Adi Soemarmo.

Pada musim haji tahun ini, ada 15.477 calon haji dari 32 daerah yang terbagi dalam 43 kelompok terbang yang diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo.

Menurut data Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, jamaah haji yang diberangkatkan dan dipulangkan melalui Bandara Adi Soemarmo berasal dari Pati, Jepara, Grobogan, Demak, Kudus, Rembang, Kendal, Magelang, Klaten, Sragen, Semarang, Sukoharjo,Tegal, Karanganyar, Cilacap, Banyumas, Brebes, Banjarnegara, Pekalongan, Batang, Boyolali, Salatiga, Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Blora, Surakarta, Sleman, Bantul, Yogyakarta, Kulon Progo, dan Gunung Kidul.

Baca juga:
Wapres lepas keberangkatan jamaah calon haji kloter 1 Surabaya
Jamaah Indonesia akan menempati 29 hotel di Madinah

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022