Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes-EQ Stoffel Vandoorne yang merupakan pemuncak klasemen Formule E, tetap yakin dirinya dan tim dapat meraih hasil yang baik meskipun harus memulai start di urutan ketujuh dalam balapan Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Sabtu.

"Ini tidak mudah," kata Vandoorne setelah kalah di perempat final babak kualifikasi, Sabtu siang, dikutip dari Formula E.

"Saya memiliki lap yang sangat bagus di Grup tetapi kemudian saya tampaknya tidak dapat menggabungkannya ke dalam duel setelahnya. Sebenarnya, saya belum dapat melakukannya belakangan ini, jadi ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan dari pihak kami di sana."

Baca juga: Presiden Jokowi tiba di JIEC untuk tonton langsung Jakarta E-Prix
Baca juga: Wagub: Formula E Jakarta ukir sejarah kampanyekan bebas emisi karbon


Terlepas dari pertarungan pebalap Belgia itu dalam babak kualifikasi pada tiga balapan terakhir -- termasuk Jakarta -- di mana dia harus rela berada di posisi tidak lebih buruk dari urutan kedelapan, Vandoorne berhasil membalikkan keadaan di saat yang panas dan finis di podium dalam tiga balapan terakhir, termasuk menang di Monaco E-Prix, dan dua kali finis di posisi ketiga di Berlin.

"Saya yakin kami bisa balapan dengan baik meskipun itu trek yang tidak diketahui semua orang dengan kondisi yang sangat panas, dan banyak yang harus diatur," kata Vandoorne.

"Saya pikir kami memiliki mobil balap yang bagus."

"Saya merasa nyaman dalam balapan juga, jadi saya merasa bisa melakukan pekerjaan yang sangat baik dari tempat saya memulai. Saya lebih suka memulai sedikit lebih tinggi -- saya pikir itu akan membuat saya hidup sedikit lebih mudah, tetapi itulah adanya dan kami akan mencoba dan memanfaatkannya sebaik mungkin."

Setelah kesuksesannya di Monaco dan Berlin, pebalap Belgia itu duduk di puncak klasemen Kejuaraan dengan 111 poin - 12 poin di depan Edardo Mortara dari ROKiT Venturi, yang berada di peringkat kedua, dan 16 poin di depan DS TECHEETAH dan pemegang pole position Jakarta E-Prix 2022 Jean-Eric Vergne di peringkat ketiga.

Lebih jauh di belakang Vandoorne di urutan kesembilan start ada rekan setimnya dan juara bertahan Nyck de Vries, yang saat ini berada di peringkat keenam dengan 65 poin.

Para pebalap telah menyelesaikan latihan bebas sesi pertama dan kedua pada pagi hari, dan menjalani babak kualifikasi pada siang hari. Puncak balapan dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 15.04 WIB, sementara para penonton terpantau telah mulai berdatangan di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Posisi start Jakarta E-Prix 2022: Wehrlein kena penalti
Baca juga: Vergne amankan pole position di Jakarta E-Prix 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022