Padang (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat (Sumbar) mendatangkan instruktur dan pelatih fisik dari Australia sebagai upaya persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII yang akan berlangsung di Riau.

Ketua umum KONI Sumbar Syahrial Bakhtiar di Padang, Senin, mengatakan instruktur yang bernama John Ballard tersebut, akan memberi pelatihan bagi pelatih seluruh cabang olahraga di Sumbar yang berhasil lolos PON.

"John Ballard merupakan instruktur sekaligus pelatih fisik yang selama ini menangani tim Indonesia untuk mengikuti kejuaraan dunia, tapi sekarang sumbar yang akan memakai tenaganya," katanya, Senin.

Ia mengatakan, Ballard merupakan salah satu pelatih fisik terbaik yang sering dipakai tenaga dan pikirannya oleh banyak negara untuk membuat program latihan fisik bagi pelatih cabang olahraga. Dia juga pernah menjadi koordinator pelatih untuk timnas Indonesia yang akan diterjunkan untuk SEA Games dan olimpiade.

Ia menjelaskan, dikontraknya John Ballard tersebut sebagai upaya persiapan yang akan dijalani seluruh cabang dalam menjalani pemusatan latihan untuk PON 2012.

Lebih lanjut ia menambahkan, selain memberikan pelatihan bagi pelatih cabang, John Ballard juga akan langsung menangani masing-masing cabang tersebut termasuk atletnya dalam menjaga kondisi tubuh.

Dalam menjalankan pelatihan tersebut, pelatih akan diberi kesempatan melakukan diskusi secara terbuka dengan John Ballard tentang teori dan teknik latihan yang dibutuhkan atlet, selama menjalani latihan intensif.

"Ini bertujuan agar pelatih tersebut memahami karakter atletnya, termasuk dalam menjalani program latihan," katanya.

Ia mengharapkan, dengan adanya instruktur asing tersebut, seluruh pelatih yang akan menangani atletnya bisa mempunyai pengalaman baru dalam menjalankan teori dan program baru dalam melatih dan melahirkan atlet yang tangguh.

"Tidak tertutup kemungkinan, dengan adanya pelatih asing tersebut, akan lahir juga pelatih yang mampu melahirkan prestasi bagi atletnya," katanya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012