Kegiatan ini kolaborasi elemen pemerintah dan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan hidup dengan tetap menjaga kebersihan
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan bersih-bersih di area bandara menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

"Kegiatan ini kolaborasi elemen pemerintah dan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan hidup dengan tetap menjaga kebersihan," kata General Manager Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan dalam keterangan tertulisnya di Praya, Sabtu.

Kegiatan tersebut diikuti pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi NTB, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTB.

Baca juga: Gubernur Khofifah ajak cintai lingkungan melalui tindakan sederhana

Selain itu Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTB, Badan Pengkajian dan Penerapan (BPPT) NTB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) NTB serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah.

Selain itu ikut hadir perwakilan Satlak Elang Latsitarda Nusantara, Komunitas We Save, Trash Hero Sengkol, Karang Taruna Kecamatan Pujut, Pramuka Kwarda NTB serta dari internal PT Angkasa Pura I Bandara Lombok.

"NTB akan menggelar ajang penting di tahun 2022 ini, dimulai dari penerbangan haji pada 20 Juni 2022, kemudian ada GT World Challenge Asia, World Superbike dan lainnya," katanya.

Baca juga: Presiden perintahkan pembangunan IKN jaga kelestarian lingkungan hidup

Menurut dia, keberhasilan pelaksanaan ajang ini akan semakin mengangkat Lombok dan NTB sebagai destinasi internasional, sehingga kegiatan hari ini adalah sebuah sinergi dan upaya bersama dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih di Bandara Lombok sebagai pintu gerbang Lombok dan NTB.

Permasalahan kebersihan di area Bandara Lombok menjadi perhatian khusus dan memerlukan kolaborasi serta sinergi banyak pihak dalam penanganannya.

Baca juga: Penumpang di Bandara Lombok naik 389 persen saat Angkutan Lebaran 2022

"Untuk itu, atas dukungan dari berbagai pihak terhadap kegiatan hari ini, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya," katanya.

Selain itu, secara rutin setiap hari Jumat pagi, seluruh karyawan Bandara Lombok wajib mengikuti kegiatan Jumat Bersih. Kegiatan ini dilakukan dengan membersihkan lingkungan bandara dan mengumpulkan sampah-sampah yang ditinggalkan oleh para pengunjung di area operasional Bandara Lombok.

"Kegiatan bersih-bersih tersebut rutin dilaksanakan setiap minggu di area bandara," katanya.

Baca juga: Penumpang di Bandara Lombok capai 73 ribu saat mudik dan balik Lebaran

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022