menghasilkan fakta berbasis lapangan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan perlu berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan kepala daerah untuk menyeragamkan data keluarga miskin agar data penerima bantuan Set-Top-Box (STB) lebih akurat.

"Penyeragaman data pemberian bantuan Set-Top-Box kepada keluarga miskin dibutuhkan dalam rangka untuk menghasilkan fakta berbasis lapangan. Kegiatan yang berbasis Kependudukan Catatan Sipil, komunikasinya dengan para kepala daerah dalam rangka bagaimana memanfaatkan pengalaman serupa dengan sumber arus data yang sama,” ujar Johnny dikutip dari siaran pers, Sabtu.

Dia pun berharap bahwa kerja sama antara Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kominfo, Kementerian Dalam Negeri, dan kepala daerah dapat segera dilakukan.

Johnny menekankan, kategori keluarga miskin tidak berdasarkan interpretasi masing-masing individu, namun mengacu pada amanat undang-undang sesuai langkah yang telah dilakukan oleh kementerian terkait lain.

Adapun data yang dibutuhkan dalam program bantuan STB, selain data masyarakat miskin, lanjut Johnny, adalah hasil identifikasi jumlah siaran televisi swasta dan perangkat televisi yang dimiliki masyarakat.

Menurut Johnny, pemasangan STB untuk keluarga miskin juga perlu dipertimbangkan atas dasar ketersediaan televisi. Dia mengatakan, bisa jadi ada keluarga yang sudah memiliki perangkat televisi digital sehingga tidak diperlukan STB lagi.

"Hanya kepada yang belum memiliki. Dan melalui rapat ini saya juga mengajak serta penyelenggara multipleksing (perusahaan-perusahaan televisi) yang akan menyediakannya, sehingga bisa mendengarnya dan berkoordinasi secara langsung karena lebih banyak yang akan membaginya,” imbuhnya.

Johnny juga mengajak Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro yang mengikuti rapat secara daring mengambil bagian dalam pelaksanaan program bantuan STB untuk keluarga miskin yang mendukung digitalisasi siaran televisi di Indonesia.

"Saya berharap bisa mengambil bagian dari tindak lanjut yang disampaikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama-sama dengan kepala daerah, menggerakkan masyarakat perangkat desa agar kita bisa mendapatkan data yang akurat berapa banyak, sehingga distribusi STB bisa kita lakukan dengan baik,” harapnya.

Baca juga: Kemenkominfo berkomitmen distribusikan STB ber-TKDN minimal 20 persen

Baca juga: 2.170 warga Kota Pariaman bakal dapat STB TV Digital

Baca juga: Kominfo pastikan ketersediaan set top box jelang ASO

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022