Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) menghadirkan ekosistem belajar kreatif dan inovatif bagi dosen dan mahasiswa, guna mencetak sumber daya manusia unggul.

"Unwaha harus mampu menghadirkan ekosistem pendidikan yang membuat gagasan-gagasan kreatif dan inovatif, baik dari dosen maupun mahasiswa," ujar Wapres saat meresmikan Gedung Baru Unwaha di Jombang, Jawa Timur, Sabtu, sebagaimana siaran pers yang diterima, di Jakarta.

Wapres menekankan kolaborasi riset dan teknologi juga harus terus diperluas dengan menggandeng berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, industri, lembaga riset, maupun elemen masyarakat lainnya.

"Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak diperlukan, tetapi jangan sampai tidak diimbangi dengan penguasaan iman dan taqwa. Keduanya harus senantiasa berjalan selaras dan saling melengkapi," pesannya.

Selanjutnya, tutur Wapres, sebagai tempat berkumpulnya intelektual-intelektual Islam, Unwaha harus mampu mengambil peranan yang lebih besar dalam mengedukasi masyarakat terkait ilmu agama.

Wapres juga meminta Unwaha ikut berkontribusi menguatkan nilai-nilai Pancasila dan menjadikan Pancasila sebagai penerang, agar mampu melalui berbagai tantangan dan ujian dalam berkontribusi mewujudkan kemajuan dan kemandirian bangsa.

Baca juga: Wapres harap Unwaha jadi episentrum pendidikan Islam moderat-toleran

Baca juga: Wapres: Institusi pendidikan perlu teruskan pemikiran Kiai Wahab

Baca juga: Wapres terkenang masa muda menuntut ilmu di Pondok Pesantren Tebuireng

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022