Polisi akan netral pada Pilkada Pamekasan

Polisi akan netral pada Pilkada Pamekasan

Ilustrasi Pilkada (FOTO ANTARA/Fachrozi Amri)

Pamekasan (ANTARA News) - Kapolres Pamekasan, Madura, Jawa Timur AKBP Anjar Gunadi menyatakan, polisi akan bersikap netral pada Pilkada di wilayah itu yang akan digelar dalam waktu dekat.

"Ini sesuai dengan komitmen Polri sebagai institusi pengayom, dan pelindung semua pihak, dan Polri tidak boleh berpolitik," katanya menjelaskan.

Kapolres Anjar Gunadi mengemukakan hal ini dalam acara silaturrahim dengan para staf dan jurnalis media cetak dan elektronik di Balai Rejo, Pamekasan.

Dalam silaturrahim bertajuk "Membangun Sinergi Polri dan Media Untuk Menciptakan Harkamtibmas di Pamekasan" itu Kapolres mengemukakan, peran media sangat dibutuhkan untuk mendukung komitmen etik Polri tersebut.

"Kami harapkan pers juga bisa menjadi pengontrol akan netralitas Polri ini," katanya menjelaskan.

Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya akan mengumpulkan para Kapolsek, serta berkoordinasi dengan Kodim 0826 dan para Koramil di masing-masing kecamatan di wilayah itu.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga meminta media ikut membantu menciptakan suasana keamanan yang kondusif. Sebab menurut dia, peran media sangat penting, bahkan bisa membantu tugas-tugas Polri dalam menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat.

Tahapan pelaksanaan Pilkada di Pamekasan rencananya mulai pertengahan tahun ini berupa rekrutmen petugas pelaksana di tingkat kecamatan dan desa, serta sosialisasi kepada masyarakat.

Sedangkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah, direncanakan digelar pada tanggal 9 Januari 2013. (ZIZ/S006)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Bawaslu imbau paslon Pilkada tak manfaatkan momentum

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar