Jakarta (ANTARA) - Berikut fakta singkat mengenai Iga Swiatek yang menaklukkan Coco Gauff 6-1 6-3 dalam perjalanan menjuarai Grand Slam keduanya dalam French Open pada Sabtu (4/6) seperti dilaporkan Reuters.

Usia: 21 tahun

Kebangsaan: Polandia

Peringkat WTA: 1

Unggulan: 1

Juara Grand Slam: 2 (French Open 2020, 2022)

PERJALANAN MENUJU FINAL

Babak pertama: Lesia Tsurenko (Ukraina) 6-2 6-0

Babak kedua: Alison Riske (Amerika Serikat) 6-0 6-2

Babak ketiga: Danka Kovinic (Montenegro) 6-3 7-5

Babak keempat: Zheng Qinwen (China) 6-7(5) 6-0 6-2

Perempatfinal: Jessica Pegula (unggulan 11 dari AS) 6-3 6-2

Semifinal: Daria Kasatkina (unggulan 20 dari Rusia) 6-2 6-1

MASA JUNIOR

* Lahir di Warsawa. Ayahnya Tomasz adalah mantan atlet dayung Olimpiade yang turun dalam nomor quadraple scull dalam Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul.

* Swiatek mulai bermain tenis untuk meniru jejak kakak perempuannya yang sempat berkompetisi dalam sirkuit junior.

* Swiatek mengantarkan Polandia mengangkat Piala Fed junior pada 2016 sebelum menjuarai Wimbledon junior pada 2018 yang merupakan tahun yang sama dia mendapatkan medali emas ganda putri Olimpiade Pemuda bersama Kaja Juvan.

PERJALANAN KARIR

* Mengawali karir profesional di sirkuit ITF pada 2016 dan memenangkan semua tujuh final tunggal putri selama dua tahun ke depan.

* Membuat penampilan Grand Slam pertama dalam Australia Terbuka 2019 dan mengalahkan Ana Bogdan pada babak pembukaan sebelum dikalakan Camila Giorgi.

* Setahun kemudian membuat terobosan dengan mencapai final WTA pertamanya dalam Ladies Open di Lugano. Meskipun kalah dari Polona Hercog, Swiatek memasuki 100 teratas untuk pertama kalinya.

* Maju ke babak keempat French Open 2019 yang merupakan turnamen Grand Slam keduanya untuk kalah dari juara bertahan Simona Halep.

* Mengalahkan Sofia Kenin dalam final French Open 2020 guna menjadi juara tunggal putri Roland Garros termuda sejak Monica Seles pada 1992. Dia tidak kehilangan satu set pun dalam turnamen edisi ini.

* Memenangkan gelar WTA 1000 pertamanya dalam Italia Open 2021 di Roma dan masuk 10 besar untuk pertama kalinya dan menuntaskan tahun ini sebagai nomor empat dunia. Dia juga satu -satunya petenis yang mencapai pekan kedua dalam semua Grand Slam sepanjang 2021.

* Melesat menjadi nomor satu dunia April 2022 setelah petenis peringkat teratas Ash Barty pensiun dari tenis.

* Memenangkan lima gelar WTA berturut-turut yang meliputi Doha, Indian Wells, Miami, Stuttgart dan Roma sebelum mengalahkan Gauff pada Sabtu untuk merebut gelar juara French Open keduanya dan memperpanjang kemenangan berturut-turutnya menjadi 35 pertandingan.



Baca juga: Reaksi dunia tenis terhadap sukses Swiatek juarai French Open
Baca juga: Swiatek sibukkan otak dengan dengarkan Led Zeppelin dan Guns N' Roses

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022