Jakarta (ANTARA) - Bek Persija Hansamu Yama Pranata mengutarakan hasratnya untuk kembali memperkuat tim nasional Indonesia, skuad yang terakhir kali dibelanya pada tahun 2019.

"Sebagai pemain, saya pasti ingin kembali ke timnas," ujar Hansamu dalam konferensi pers virtual sebelum pertandingan persahabatan kontra Sabah FC, diikuti di Jakarta, Sabtu (4/6).

Pesepak bola berusia 27 tahun itu pun akan berupaya mengejar keinginannya tersebut.

Akan tetapi, Hansamu cukup realistis dengan situasi lantaran, menurut dia, saat ini timnas Indonesia sudah diisi pemain-pemain belia berbakat.

*Saya menyadari timnas kita pemainnya bagus-bagus, banyak pemain muda dan senior juga," tutur eks pemain Bhayangkara FC dan Persebaya itu.

Hansamu Yama Pranata mencatatkan debut di timnas senior Indonesia pada tahun 2016, di mana pada tahun itu dirinya ikut membawa timnas Indonesia menjadi tim terbaik kedua di Piala AFF.

Dua tahun kemudian, Hansamu menjabat kapten timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Setelah itu, namanya nyaris tidak pernah absen dari daftar pemain skuad "Garuda". Akan tetapi, setelah timnas Indonesia dilatih oleh Shin Tae-yong, dirinya tak pernah lagi berseragam "Garuda di dada".

Penampilan pamungkas Hansamu di timnas Indonesia terjadi pada 10 Oktober 2019 saat dia dan rekan-rekannya melawan tuan rumah Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Kala itu, timnas Indonesia yang kalah 0-5 masih ditangani Simon McMenemy.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022