Agar masyarakat jangan klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut,
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan scam/phishing yang beredar di media sosial dan grup chat yang mengatasnamakan program promo KAI.

Dalam keterangan yang dipantau di Jakarta, Minggu, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, tautan (link) penipuan yang beredar tersebut memiliki alamat seperti http://biscuitfabrication.top, http://conceptualcnfide.top, http://flamestaple.top, http://cleansecredential.top.

Tidak hanya itu, KAI juga mewaspadai link berikut http://secretaryhardy.top/Indonesianlways/tb.php?sdtfrzex1654334291347, http://cleansecredential.top/Indonesianlways/tb.php?pvlykxgj1654319210012, http://flamestaple.top/Indonesianlways/tb.php?qpxvzwdy1654322469034, http://conceptualcnfide.top/keretaapi/tb.php?udysoudd1652325203770 dan lainnya.

"Agar masyarakat jangan klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut," kata Joni ​​​​​​.

Baca juga: PT KAI dan Unhas kembangkan transportasi KA di Sulsel

Joni juga mengimbau masyarakat jangan menyebarluaskan link mencurigakan tersebut.

Ia mengatakan, KAI khawatir dalam link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

"Diharapkan berhati-hati terhadap info dan promosi yang mengatasnamakan KAI," ujarnya.

Baca juga: KAI terapkan pembayaran non-tunai pada layanan LRT Jabodebek

Ia menambahkan, informasi resmi terkait promo maupun program PT KAI dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022