Jakarta (ANTARA) - Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara (IKPLN) menggelar "gowes" bersama di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau "car free day" (CFD), Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, guna merayakan Hari Sepeda Sedunia yang jatuh pada 3 Juni lalu.

Ketua IKPLN, Bagyo Riawan ditemui di Bundaran Senayan, Minggu, mengatakan bersepeda di kawasan HBKB/CFD membuat gembira sehingga bisa menaikkan imunitas dan menjaga kesehatan.

Baca juga: Jakarta kemarin, Formula E hingga Hari Bebas Kendaraan Bermotor

"Tentunya dengan bertemu di CFD bisa ngobrol gembira. Katanya imunnya semakin naik. Tentu menjaga kesehatan, kita kumpul-kumpul, kita ngobrol gembira ya kan," kata Bagyo Riawan.

Tak hanya itu, menurut Bagyo, bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan karena bisa menjalin tali silaturahmi dengan sesama pensiunan PLN yang usianya sudah di atas 60 tahun.

"Sepeda itu bisa jauh dan lebih fun. Dan bisa kumpul lebih banyak orang," ujar Bagyo.

Baca juga: PKL bersyukur Pemprov DKI izinkan jualan di luar area "CFD"

Harapannya, kegiatan dalam IKPLN ini bisa terus dilakukan dan menyambung komunikasi dengan sesama pensiunan PLN.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan kembali HBKB atau CFD setiap Hari Minggu pukul 06.00 WIB-10.00 WIB pada sejumlah ruas jalan seiring kasus COVID-19 mulai mereda sejak dua pekan lalu.

Bahkan, Dinas Perhubungan DKI telah mengizinkan para pedagang beraktivitas di area HBKB yang terbagi tiga zona, yakni zona merah, kuning, dan hijau mulai Minggu ini.

Zona merah (tanpa pedagang) di Sarinah-Patung Kudang, zona kuning (pedagang di trotoar) di Patung Arjuna Wijaya-Sarinah dan Patung Sudirman-Patung Pemuda Membangun, serta zona hijau (pedagang diizinkan) di Jalan Sunda, Jalan Kebon Kacang, Jalan Teluk Betung, Jalan Pamekasan, Jalan Sumenep, Jalan Purworejo, Jalan Blora, Jalan Galunggung, dan Jalan Karet Pasar Baru Timur II.

Baca juga: Sebanyak 28 ribu pejalan kaki ikuti HBKB di Thamrin-Sudirman

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022