Jakarta (ANTARA) - "Ya mereka merebut kemenangan, tapi saya pikir ini bukan soal ritme. Secara umum kami mendominasi pertandingan untuk 41-42 menit awal, kami akan baik-baik saja," kata power forward Golden State Warriors Draymond Green.

Komentar itu dilontarkan oleh Green setelah Warriors menderita kekalahan 108-120 melawan Boston Celtics dalam Gim 1 Final NBA di Chase Center, California, Kamis (2/6) lalu.

Pernyataan Green secara umum memang menggambarkan jalannya pertandingan Gim 1 di mana Warriors mampu mengungguli Celtics hingga pertengahan kuarter keempat.

Namun, Green tampaknya mengabaikan masalah terbesar yang jadi pemicu kekalahan Warriors dari Celtics di pertandingan tersebut.

Mendominasi pertandingan selama 41 atau 42 menit awal tidak selalu menjadi resep yang mujarab untuk mengamankan kemenangan di sebuah gim final, terlebih lagi apabila sebuah tim mengalami kelengahan dan terpaksa merenggangkan cengkeraman mereka atas sebuah permainan.

Faktanya, setelah menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 92-80, Warriors menghabiskan nyaris dua setengah menit pertama periode pemungkas tanpa mampu mencetak angka.

Celtics melenggang meraup sembilan poin tanpa balas untuk membuat jarak tiba-tiba hanya tersisa tiga poin dalam kedudukan 89-92.

Kenyataan bagi Warriors semakin pahit sebab di kuarter keempat, Celtics baru menemui kegagalan tembakan tripoin setelah percobaan kedelapan. Hal itu praktis menjadi pondasi bagi Celtics membalikkan keadaan.

Secara keseluruhan, di kuarter keempat Celtics begitu tajam dan mampu melesakkan 15 dari 21 percobaan terbuka mereka termasuk 10 dari 13 tembakan luar busur.

Berbanding terbalik, Warriors hanya bisa mengkonversi tujuh dari 16 percobaan terbuka mereka, termasuk tiga dari delapan tembakan tripoin.

Sulit mengatakan bahwa itu bukanlah sesuatu yang muncul dari kelengahan. Kelengahan yang harus dibayar mahal setelah mereka susah payah relatif mendominasi 41-42 menit awal permainan.

Warriors jelas tak boleh mengulangi kelengahan serupa kecuali mereka ingin dipermalukan lagi oleh Celtics ketika menjalani Gim 2 di Chase Center, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Baca juga: Celtics curi Gim 1 dari Warriors lewat momentum kuarter keempat
Baca juga: Curry bilang Warriors petik pelajaran dari kuarter keempat Gim 1

Selanjutnya: Musim ini Warriors...

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022