Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan momentum yang tepat bagi orang tua untuk mengajak anak-anak menjaga kelestarian alam.

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia perlu dijadikan momentum untuk mengajak anak-anak Indonesia menjaga kelestarian alam dan lingkungan," kata Susanto di Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan peran keluarga melalui pendekatan pengasuhan, edukasi, dan pembiasaan sangat penting terkait dengan upaya mencintai lingkungan.

"Hal ini bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana seperti menanam bunga, menanam pohon dan lain sebagainya," katanya.

Baca juga: KLHK ajak generasi muda jadi bagian gerakan lingkungan

Susanto menjelaskan bahwa setiap orang dapat memiliki cara yang berbeda dengan keunikan masing-masing. Menurut dia, yang terpenting adalah substansinya harus mengarah pada cinta lingkungan.

"Mari membudayakan cinta lingkungan mulai dari keluarga. Orang tua perlu memberikan keteladanan, karena anak itu berkembang dari proses adaptasi dengan lingkungan terdekat. Jadilah figur panutan cinta lingkungan bagi anak," katanya.

Dia mengingatkan bahwa lingkungan yang sehat itu akan membawa kebaikan bagi keluarga dan masyarakat serta bangsa.

"Maka tanamlah kebiasaan baik termasuk cinta lingkungan, maka kebiasaan itu akan dipetik hasilnya oleh seluruh bangsa," katanya.

Baca juga: Menteri LHK: Hari Lingkungan Hidup momentum tingkatkan pelestarian

Dia menambahkan bahwa KPAI terus memaksimalkan advokasi dan pengawasan agar anak-anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik dalam lingkungan yang sehat dan bermartabat.

"Termasuk juga dalam lingkungan yang lestari dan terjaga, karena lingkungan yang baik akan berdampak positif bagi tumbuh kembang anak," katanya.

Susanto menambahkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah.

"Dengan demikian, peran keluarga menjadi penting untuk mengajarkan anak mencintai lingkungannya, keluarga juga perlu mengajarkan anak-anak mereka untuk membiasakan perilaku positif dan selalu optimis di tengah pandemi," katanya.

Baca juga: Gubernur Khofifah ajak cintai lingkungan melalui tindakan sederhana

Salah satu perilaku positif, kata dia, adalah dengan berkontribusi mencintai flora dan fauna, termasuk juga menanamkan kesadaran untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022