JCH jaga benar kesehatannya
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Lampung berharap seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) menjaga kesehatannya sebelum keberangkatan ke Tanah Suci guna menunaikan Rukun Islam yang ke-5 ini.

"Alhamdulillah keberangkatan di kelompok terbang (kloter) pertama sehat semua tidak ada yang positif COVID-19 atau sakit lainnya, maka saya harap semua JCH dapat jaga kesehatannya sebelum berangkat ke Tanah Suci," kata Kakanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo, di Bandarlampung, Minggu.

Ia pun berpesan kepada JCH yang belum berangkat agar tidak berlebihan dalam melepas keberangkatannya ke tanah suci dengan menggelar syukuran dengan mengundang banyak orang, sehingga kesehatannya terabaikan.

"Mohon JCH jaga diri masing-masing agar pelaksanaan ibadah haji yang sejauh ini berjalan positif tetap baik dan lancar," katanya.

Baca juga: Dua calon haji kloter II Embarkasi Padang batal berangkat
Baca juga: Petugas KKP Panjang sita sejumlah makanan JCH

Apalagi, lanjut dia, Lampung hanya mendapatkan jatah sembilan kloter, dimana delapan kloter penuh dan satu kloter gabungan dengan provinsi lainnya.

"Sehingga bila terjadi sesuatu menjelang keberangkatan kami tak bisa memastikan apakah JCH akan menyusul atau tidak. Maka di waktu yang tinggal 10-15 hari ini para JCH yang belum berangkat harus menjaga kesehatannya," kata dia.

Dia pun mengharapkan seluruh JCH asal Lampung yang berjumlah 3.198 orang pada pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini dapat berangkat semuanya ke Tanah Suci.

"Untuk JCH, saya tidak mau berandai-andai ada yang ditinggalkan karena faktor kesehatan, semua diharapkan bisa berangkat. Maka sekali lagi minta JCH jaga benar kesehatannya," ujarnya.

Baca juga: Kemenag: Pemberangkatan haji dibagi dua gelombang
Baca juga: Kemenag: 3.169 calon haji diberangkatkan hari ini

Sebelumnya, JCH kloter pertama dari Lampung telah memasuki Asrama Haji guna pemeriksaan dokumen keberangkatan.

Adapun jadwal keberangkatan JCH Lampung yakni kloter pertama JCH asal Kota Bandarlampung yang masuk ke Asrama Haji pada (5/6/) dengan jumlah jemaah 387. Kloter kedua dari Kabupaten Lampung Tengah masuk asrama haji (7/6) jumlah jemaah 387, kloter ketiga Kota Metro dan Kabupaten Lampung Barat masuk asrama haji (8/6) dengan jumlah jemaah 404.

Kloter keempat JCH dari Lampung Utara, Tulang Bawang dan Bandar Lampung masuk asrama haji (9/6) dengan jumlah jemaah 387. Kloter lima Lampung Timur dan Tulangbawang Barat masuk asrama haji (10/6) dengan jumlah jemaah 404.

Kloter keenam dari Kota Bandarampung masuk asrama haji (14/6) jumlah jemaah 22, kloter dari ketujuh Bandarlampung, Lampung Tengah, Pesawaran masuk asrama haji (17/6) dengan jumlah jemaah 404, kloter kedelapan Lampung Selatan, Pringsewu, Mesuji masuk asrama haji (19/6) dengan jumlah jemaah 399 dan kloter sembilan Tanggamus, Way Kanan, Pesisir Barat, Bandar Lampung masuk asrama haji (21/6) dengan jumlah jemaah 398 orang.

Baca juga: Pemprov Lampung minta calon jamaah haji jaga kesehatan

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022