Jakarta (ANTARA News) - Mobil bak terbuka (pikap) tidak selalu harus lebar dan memuat banyak barang.  Pesan itulah yang agaknya hendak disampaikan pemilik merek Smart lewat mobil konsep Smart For-US.

Merek di bawah naungan pabrikan Mercedes-Benz itu memamerkan mobil konsep pikap mini dalam Pameran Mobil Detriot 2012 di Amerika Serikat.

"Kami di Smart mencintai pikap. Mobil jenis ini tampak kecil dari luar, luas di dalam, sangat aman, dan luar biasa nyaman," kata CEO Smart, Annette Winkler, seperti dikutip Sydney Morning Herald, Selasa (10/1).

Mobil jenis city car itu memiliki panjang sekitar 3,6 meter, menyerupai model SmartForfour (3,5 meter) dan lebih panjang dari Smart Fortwo (2,5 meter).

Seperti umumnya model mobil Smart, kecuali SmartForfour, model pikap itu hanya memiliki dua tempat duduk bergaya sporty.

Jika ditinjau dari luas baknya, Smart For-US lebih pas untuk mengangkut dua sepeda lipat, barang belanjaan atau peralatan berkemah.

Car Magazine menyebut, dari sisi depan, penampilan mobil elektrik berwarna kombinasi abu-abu, putih, dan kuning itu tidak lagi terlihat seperti sebuah mobil Smart.

Smart mengklaim, mobil konsep itu mempunyai akselerasi yang layak dengan kecepatan hingga 120 km/jam.

Ditenagai mesin listrik berkekuatan 55 KW dan kapasitas baterai maksimal 17,6 kWh, pikap jenis ini menyerupai model Smart Fortwo ED generasi ketiga yang juga mengusung mesin listrik.

Pengisian penuh baterai mobil memakan waktu hingga delapan jam, namun jika tenaga baterai masih 20 persen, dibutuhkan 3,5 jam untuk mengisinya lagi hingga 80 persen dari kapasitas penuh.

"Dengan Smart For-US, tidak lagi dibutuhkan stasiun pengisian bahan bakar," kata Annette Winkler.

Mobil konsep Smart seperti dipamerkan di Detroit dilengkapi dengan dua panel listrik untuk mengisi baterai sepeda.

Setelah lama dalam masa perancangan model, Smart akhirnya meluncurkan produk  yang mencuri perhatian. (*)

I026

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012