Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengajak Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese bersepeda bambu bersama di lingkungan Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, sebagai bagian dari rangkaian penyambutan resmi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan selain cuaca yang bersahabat untuk bersepeda pagi, sepeda juga merupakan moda kendaraan ramah lingkungan.

"Karena cuacanya bagus dan naik sepeda ini kan ramah lingkungan, saya kira kami harus memulai menyampaikan pesan betapa pentingnya kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan. Kemudian yang ketiga, ini memang rute yang biasa saya pakai untuk olahraga," kata Presiden dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin.

Jokowi dan Albanese terlihat bersepeda bersama menuju Resto Raasaa di Kebun Raya Bogor, usai keduanya melakukan kegiatan penanaman pohon.

Mereka mengendarai sepeda bambu yang dirancang untuk digunakan di jalan raya. Sepeda dengan penampang bahan bambu oval itu merupakan hasil karya Singgih S. Kartono dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Baca juga: Presiden: Indonesia-Australia miliki dua fondasi kuat

Sementara itu, Albanese mengaku kegiatan bersepeda bersama Jokowi di Kebun Raya Bogor adalah pengalaman luar biasa dan sebuah kehormatan besar.

"Selamat pagi. Itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya menganggap sebagai kehormatan besar bahwa Presiden (Jokowi) mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya ke tempat yang indah di taman botani ini," kata Albanese di Istana Kepresidenan Bogor, Senin.

Dia menilai kegiatan bersepeda tersebut juga menunjukkan persahabatan antara Australia dan Indonesia. Menurutnya, Presiden Jokowi bahkan menawarkan agar sepeda bambu yang dinaikinya itu dibawa ke Australia.

"Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia dan anda akan melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra. Tapi itu adalah pengalaman yang luar biasa dan setiap kali saya naik sepeda, saya akan ingat persahabatan dengan Presiden Widodo," ujar Albanese yang belum lama dilantik sebagai PM ke-31 Australia itu.

Usai bersepeda bersama, Jokowi dan Albanese kemudian menggelar pembicaraan tete-a-tete di area taman batu putih Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor.

Selama sekitar 30 menit, keduanya terlibat perbincangan hangat sebelum kembali ke Istana Kepresidenan Bogor dengan menggunakan mobil golf untuk melakukan pertemuan bilateral kedua negara.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak PM Australia menanam pohon dan naik sepeda bambu
Baca juga: Jokowi dan Albanese fokus bicara kerja sama ekonomi RI - Australia

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022