Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan pada Senin siang dan malam hari dengan intensitas ringan hingga lebat.

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Budi Prasetyo di Medan, Senin, mengatakan secara umum cuaca di Sumut siang berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Deli Serdang, Kepulauan Nias, Samosir, Simalungun, Asahan, Medan, Karo, dan Serdang Bedagai.

Baca juga: Menhub minta BMKG tingkatkan kecepatan dan akurasi informasi cuaca

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun, Pematang Siantar, Deli Serdang, Toba, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Mandailing Natal, dan Tapanuli Tengah.

Suhu udara 17-33 derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Baca juga: Kepala BMKG tawarkan lima rumusan bangun ketangguhan holistik

Sementara pada Senin terpantau empat titik panas atau hotspot di Kabupaten Padang Lawas Utara. Ke empat titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022