Jakarta (ANTARA) - Sejumlah atlet bulu tangkis yang ikut ambil bagian dalam turnamen Indonesia Masters 2022 sangat antusias bisa kembali berlaga di arena Istora Senayan Gelora Bung Karno Jakarta setelah sempat absen akibat pandemi COVID-19.

"Senang bisa kembali ke Istora. Jika ke Indonesia saya begitu menyukai masakannya dan suasananya yang menyenangkan," kata pebulu tangkis ganda campuran asal Denmark Alexandra Boje dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Indonesia sebagai tuan rumah Indonesia Masters dan Indonesia Open, ikut merasakan dampak pandemi yang menyebabkan penundaan atau pembatalan beragam turnamen serta kejuaraan dari berbagai cabang olahraga.

Dari bulu tangkis, Indonesia Masters 2020 menjadi turnamen terakhir yang digelar dengan kehadiran penonton di Istora. Sedangkan Indonesia Open harus disayangkan tak bisa digelar karena mengikuti keputusan pemerintah yang melarang semua kegiatan di luar rumah.

Baca juga: Atlet tuan rumah siap main maksimal di Indonesia Masters-Open 2022

Kondisi sempat membaik satu tahun berikutnya, saat Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mendapat keleluasaan untuk menggelar kedua turnamen berkelas BWF Super 500 dan Super 1000 meski harus dilangsungkan dengan pranata gelembung.

Nusa Dua, Bali menjadi lokasi pilihan pelaksanaan Indonesia Masters dan Indonesia Open 2021 yang berlangsung secara tertutup dan tidak bisa dihadiri satu pun penonton. Selain kedua pergelaran itu, acara yang dikemas dalam tajuk Indonesia Badminton Festival (IBF) itu diakhiri dengan BWF World Tour Finals 2021 sebagai turnamen penutup musim.

Dalam kesempatan yang sama, pebulu tangkis tunggal putra nasional yaitu Shesar Hiren Rhustavito mengaku bersemangat jelang tampil Istora Senayan untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

Menurut atlet kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah ini, ia sama sekali tidak merasakan grogi tampil di Indonesia Masters. Bahkan berkat kehadiran penonton, ia dan rekan-rekan pebulu tangkis lainnya justru merasa lebih semangat.

"Sudah dua tahun pertandingan tanpa penonton (di Indonesia), pasti besok akan ramai dan antusiasmenya sangat bagus. Banyak penggemar bisa menambah semangat pemain tuan rumah, kalau grogi sih tidak ya," kata Shesar.

Baca juga: Panitia sempat pesimistis Indonesia Masters-Open sepi penonton

Ketua panitia pelaksana Indonesia Masters 2022 Alex Tirta memastikan pelaksanaan dua turnamen bulu tangkis internasional di Jakarta akan berlangsung meriah berkat kehadiran penonton.

Besarnya minat penonton untuk menyaksikan pertandingan secara langsung dari tribun Istora Senayan terlihat dari penjualan tiket yang ludes hanya dalam waktu kurang dari satu hari lewat mekanisme daring.

"Kami berharap ajang kali ini bisa menghibur penonton lewat kehadiran berbagai bintang bulu tangkis dari 25 negara. Layaknya Perang Bintang, seluruh pemain top Indonesia ikut bermain. Semoga penonton juga bisa terhibur dengan kembalinya acara ini ke Istora," pungkas Alex.

Baca juga: Istora bersolek sambut Indonesia Masters dan Open 2022
Baca juga: Panitia Indonesia Masters sediakan layar besar di luar Istora Senayan
Baca juga: Greysia Polii umumkan gantung raket di final Indonesia Masters 2022

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022