Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Daim yang menjadi pelestari lingkungan di kawasan hutan di kaki Gunung Lemongan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meraih penghargaan Kalpataru tahun 2022 kategori perintis lingkungan.

"Saya ikut mengapresiasi penghargaan yang diperoleh Daim sebagai penerima penghargaan Kalpataru tahun 2022 kategori perintis lingkungan," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam sidang paripurna yang digelar di DPRD Kabupaten Lumajang, Senin.

Daim yang merupakan warga Dusun Berca, Desa Sumberpetung, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, berhasil memperoleh penghargaan Kalpataru hasil kerja keras melakukan upaya pelestarian hutan di kaki Gunung Lemongan selama 26 tahun.

Sejak tahun 1996, ia menanam pohon pinang untuk menghijaukan lereng Gunung Lemongan dan kegiatannya itu berawal dari keresahannya melihat kondisi hutan saat itu yang hanya ditumbuhi ilalang dan sering terjadi kebakaran saat musim kemarau.

Baca juga: Sulsel raih penghargaan kalpataru tiga tahun berturut-turut

Baca juga: Inisiator ekowisata Sungai Kupah Kubur Raya sabet Kalpataru 2022


Bahkan lereng Gunung Lemongan beberapa kali terjadi longsor saat hujan deras, sehingga keprihatinan tersebut membuat Daim bergerak dengan mulai menanam beberapa benih tanaman di hutan.

Setelah berapa tahun berjalan, jerih payahnya tersebut membuahkan hasil, selain berdampak baik bagi kelestarian lingkungan, juga menghasilkan dampak ekonomi yang bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar hutan.

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada warga terbaik Lumajang, yaitu Bapak Daim yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan republik Indonesia sebagai penerima penghargaan Kalpataru Tahun 2022 kategori perintis lingkungan," ucap Bupati yang biasa dipanggil Cak Thoriq itu.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik mengatakan pihaknya bersyukur atas prestasi yang ditorehkan warga Desa Sumberpetung tersebut.

"Penghargaan Kalpataru yang diraih Pak Daim menjadi kado istimewa yang diperoleh Kabupaten Lumajang saat peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini," katanya.

Dengan perolehan prestasi itu di hari lingkungan hidup, lanjut dia, pihaknya berharap masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan selalu menjaga lingkungan agar hidup lebih bermanfaat.*

Baca juga: Penerima Kalpataru bantah terima bantuan Rp10 juta dari Pemkab Polman

Baca juga: Pecinta penyu Polewali Mandar raih penghargaan Kalpataru

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022