Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengumpulkan koper milik 106 calon haji dari daerah itu yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini.

Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong Nopian Gustari di sela-sela pengumpulan koper di Rejang Lebong, Senin, mengatakan 106 calon haji dari daerah itu akan tergabung di Kloter 7 Embarkasi Padang, Sumatera Barat.

"Hari ini seluruh tas koper milik 106 CJH (Calon Jamaah Haji) kita kumpulkan, dan besok pagi (7/6) akan kita kirim ke Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu menggunakan armada PT Pos Indonesia," kata dia.

Dia menjelaskan pengumpulan koper para calon haji ini dilakukan sebagai persiapan pemberangkatan mereka pada Kamis (9/6), dari daerah itu menuju Asrama Haji Bengkulu.

Selanjutnya, jamaah calon haji  pada Jumat (10/6) akan diterbangkan dari Bandara Fatmawati Bengkulu menuju Embarkasi Padang dan selanjutnya berangkat menuju Arab Saudi.

Baca juga: Ratusan koper calhaj kloter pertama tiba di Asrama Haji Donohudan

Koper milik jamaah calon haji itu, kata dia, berisi kebutuhan mereka masing-masing selama menunaikan ibadah haji, di mana mereka tidak boleh membawa barang-barang yang dilarang, seperti barang bersifat cairan, mudah meledak, serta barang yang tidak perlu dibawa dengan maksimal isi tas 32 kg.

"Tas koper ini setelah kita antarkan ke Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu nantinya akan menjalani pemeriksaan oleh petugas khusus, mudah-mudahan dari pemeriksaan x-ray akan lancar," terangnya.

Setelah proses pengumpulan dan pengiriman koper JCH asal Kabupaten Rejang Lebong ini, selanjutnya calon haji akan menjalani tes PCR di RSUD Curup guna mengetahui ada tidaknya mereka yang terkonfirmasi COVID-19.

Dia berharap, 106 calon haji dari daerah itu nantinya bisa lolos tes PCR atau semuanya dinyatakan negatif sehingga mereka bisa langsung diberangkatkan ke Tanah Suci dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Siap berangkat, 315 calhaj asal Boyolali-Jateng terima koper haji
Baca juga: Satu truk koper jamaah dikembalikan karena diduga berisi cairan
Baca juga: Kemenag minta calon haji Kota Yogyakarta patuhi aturan barang bawaan

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022