Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, menyatakan bahwa kesiapan World Surf League (WSL) Krui Pro 2022 yang akan digelar pada 11-17 Juni, telah mencapai 90 persen.

"Kesiapan WSL Krui Pro sudah hampir 90 persen, saat ini kami sedang melakukan penataan-penataan fasilitas pendukungnya," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, dihubungi dari Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam persiapan menjelang WSL. Bahkan untuk jaringan serta kelistrikan di lokasi pun telah disiapkan dengan baik oleh Telkomsel dan PLN dalam ajang ini.

"Kesiapan jaringan Telkomsel sudah siap, listrik juga PLN sudah menambah daya dengan memasang trafo tambahan, bahkan untuk keamanan Polda Lampung pun sudah berbicara siap mengamankan WSL Krui Pro 2022 ini," kata dia.

Baca juga: Lampung gelar Krakatau Beach Fun Run jelang Krui Pro

Kemudian, lanjut dia, terkait jumlah peserta pada ajang World Surf League Krui Pro 2022 ini, sudah mencapai 216 peselancar dari berbagai negara.

"Peserta dari luar negeri sudah 216 ditambah 6 kuota daerah. Kebanyakan peserta dari negara-negara seperti Australia, Amerika Serikat, Philipina, Kamboja, Thailand, dan Kanada," kata dia.

Suryadi pun bersyukur karena pandemi COVID-19 telah melandai, sehingga ajang yang digelar setiap setahun sekali ini dapat digelar kembali setelah dua tahun berhenti.

"Terakhir 2019 WSL Krui Pro dilaksanakan, sempat berhenti dua tahun karena pandemi," kata dia.

Ia pun mengatakan dengan adanya agenda WSL Krui Pro yang diadakan setahun sekali, merupakan upaya pemerintah dalam memperkenalkan pariwisata Lampung khususnya yang berada di Pesisir Barat.

"Alhamdulillah selain mempromosikan pariwisata Lampung dengan adanya WSL juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Untuk penginapan yang ada di Pesisir Barat semuanya sudah penuh," kata dia.

Baca juga: Polda siap amankan kejuaraan selancar internasional Krui Pro 2022
Baca juga: Pemprov Lampung ajukan tambahan pesawat jelang Krui Pro

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022