Jakarta (ANTARA) - Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat bersama para pemimpin Regional Hidrografi Dunia membahas implementasi rencana strategis IHO dalam Pertemuan Ke-14 Inter-Regional Coordination Committee (IRCC).

"Ini terkait dengan implementasi rencana strategis IHO dan pembangunan roadmap S-100 dengan berbagai langkah yang telah dilakukan di bidang capacity building, GEBCO (General Bathymetric Chart of the Oceans), Crowd Sourced Bathymetry, WEND (Worldwide Electronic Navigational Chart Database), MSI (Maritime Safety Information), MSDI (Marine Spatial Data Infrastructures), serta pendidikan," kata Nurhidayat dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan bahwa IRCC-14 secara umum membahas dan mendiskusikan hal-hal yang berhubungan dengan bidang hidrografi, kartografi, capacity building, pemetaan laut, dan lain-lain, serta mendefinisikan pendekatan yang terbaik untuk penerapan di tingkat regional maupun global.

Nurhidayat menambahkan bahwa Pertemuan Ke-14​​​​​​​ IRCC ini memiliki nilai khusus dan sangat penting karena usulan dan keputusan yang diambil di dalam forum ini akan dibawa ke sidang Majelis IHO di Monako pada bulan April 2023.

IRCC merupakan salah satu komite kelompok kerja IHO untuk mengawasi pembangunan strategi IHO serta mempromosikan penggunaan dan pengumpulan data kelautan serta bertanggung jawab atas masalah kebijakan yang berhubungan dengan data peta elektronik.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar pertemuan tersebut di Hotel Anvaya Beach Resort, Kuta Bali, Rabu (1/6).

IRCC-14 diikuti 36 negara anggota dengan jumlah 79 peserta, terdiri atas 40 peserta face-to-face dan 39 peserta via teleconference, 1 observer, serta 1 dari industri bidang hidrografi.

Baca juga: Kasal: Ekspedisi Jala Citra "Aurora" kesuksesan kerja sama hidrografi

Baca juga: Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL pastikan pelayaran di Teluk Palu aman

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022