Direncanakan dalam waktu dekat, GeoDipa akan melakukan kegiatan uji alir untuk sumur produksi Proyek Dieng Unit 2, SLR-Q-31A
Purwokerto (ANTARA) - PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GeoDipa terus menyosialisasikan rencana uji alir untuk sumur produksi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 2 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni kepada masyarakat sekitar lokasi proyek.

Dalam siaran pers yang diterima di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa, Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia PT Geo Dipa Energi (Persero) Yudistian Yunis mengatakan uji alir sumur produksi dilakukan sebagai proses pengukuran parameter fisik dan kimia guna mengetahui kapasitas potensi masing-masing sumur panas bumi pascadilakukan pemboran.

"Direncanakan dalam waktu dekat, GeoDipa akan melakukan kegiatan uji alir untuk sumur produksi Proyek Dieng Unit 2, SLR-Q-31A," katanya.

Terkait dengan hal tersebut, dia mengatakan pihaknya mengundang perwakilan warga sekitar lokasi proyek PLTP Dieng Unit 2 khususnya Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, untuk melakukan kunjungan ke Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada hari Jumat (3/6).

Selain perwakilan warga, kunjungan tersebut juga dikuti sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Camat Batur, Kepala Desa Karangtengah, dan Perangkat Desa Karangtengah.

Dalam kunjungan tersebut, peserta mendapat kesempatan untuk melakukan tinjauan langsung ke lokasi pembangkit listrik Patuha Unit 1 dan lokasi V (PPL 7) yang saat ini sedang berlangsung proses uji alir sumur produksi PTH-V-7B.

"Kegiatan seperti ini merupakan wujud upaya kami dalam keterbukaan informasi, bahwa dalam pelaksanaan operasi, kami mematuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Bapak dan Ibu bisa melihatnya sendiri, sehingga kami berharap semoga kegiatan ini dapat menghasilkan pengetahuan dan informasi yang baik yang dapat dibagi ke saudara-saudara di Karangtengah," kata Yudistian.

Ia mengharapkan hasil dari kegiatan kunjungan lapangan tersebut, masyarakat Karangtengah khususnya dapat memahami proses dan melihat prosedur keamanan dan keselamatan yang diterapkan oleh GeoDipa dalam melaksanakan kegiatan uji alir sumur produksi.

Sementara itu, Camat Batur Aji Piluroso menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan GeoDipa kepada masyarakat Karangtengah untuk melakukan kunjungan lapangan di PLTP Patuha.

"Tambahan wawasan dan pengetahuan dalam kunjungan kali ini akan kami sebar luaskan kepada masyarakat Karangtengah khususnya, sehingga dapat bersama menekan informasi hoaks yang beredar," katanya.

Kepala Desa Karangtengah Mukhodin mengatakan pengetahuan dan wawasan yang diperoleh dalam kunjungan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Pengetahuan dan wawasan ini dapat menjadi bingkisan yang dapat disampaikan kepada masyarakat Karangtengah," katanya.

Sebelum melakukan rangkaian kegiatan, seluruh peserta kunjungan diwajibkan mematuhi prosedur keamanan dan keselamatan di wilayah kerja PLTP Patuha. Peserta diwajibkan mengikuti kegiatan safety induction sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Kemudian peserta diberikan pemaparan materi singkat mengenai proses uji alir sumur produksi panas bumi. Selanjutnya, peserta diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti safety helmet, safety shoes hingga earplug untuk menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja.

Baca juga: GeoDipa: Proyek PLTP Dieng Unit 2 miliki berbagai nilai strategis
Baca juga: Kementerian ESDM jelaskan penyebab kecelakaan di PLTP Dieng
Baca juga: GeoDipa raih Majapahit Green Award

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022