Jaga pola makan dan istirahat dengan baik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingatkan jamaah calon haji untuk selalu memperhatikan dan menjaga kondisi kesehatan guna mendukung kelancaran di Tanah Suci.

"Kami mengingatkan jamaah calon haji untuk memperhatikan dan menjaga kondisi kesehatan baik sebelum berangkat hingga kembali ke Tanah Air," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto ketika dihubungi di Jakarta, Selasa.

Agus menjelaskan, jamaah calon haji dapat menjaga kondisi kesehatan fisik dengan minum banyak air, menjaga pola makan serta tidur dan olah raga ringan.

"Asupan cairan sangat penting, per dua jam sekali minimal masuk sekitar 150 ml agar tidak dehidrasi dan guna mengantisipasi kenaikan suhu udara," katanya.

Selain kebutuhan cairan, menurut dia, jamaah calon haji juga perlu menjaga asupan makanan yakni tiga kali sehari ditambah dengan makanan ringan.

"Jaga pola makan dan istirahat dengan baik karena aktivitas yang padat perlu diimbangi dengan asupan bergizi seimbang," katanya.

Baca juga: Dokter: Calon haji perlu waspadai "heat stroke"

Baca juga: Dokter: Calon haji perlu konsumsi air secara rutin tiap 2-3 jam


Dia juga mengimbau agar jamaah calon haji rutin menggunakan krim pelembab untuk melindungi kulit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

"Udara yang panas dikhawatirkan menyebabkan kulir kering, terutama bagian kaki, jika dibiarkan bisa berakibat mengelupas dan lecet. Tentunya ini dapat mengganggu kelancaran ibadah, sehingga penggunaan krim pelembab kulit diharapkan bisa mengantisipasinya," katanya.

Sementara itu, jamaah calon haji juga diminta untuk menjaga kesehatan psikis selama di Tanah Suci karena menjadi bagian penting dalam menunjang kelancaran ibadah.

"Jaga kesehatan emosi, jaga kesabaran, menikmati seluruh rangkaian ibadah yang dijalankan sesuai dengan kondisi masing-masing. Kondisi kesehatan psikis yang stabil akan mendukung kelancaran ibadah," katanya.

Sementara itu, bagi mereka yang belum berangkat ke Tanah Suci, Agus juga mengingatkan untuk rutin melakukan latihan fisik agar kondisi tubuh selalu bugar dan prima.

"Bagi yang belum berangkat ke Tanah Suci kami sarankan untuk latihan berjalan, mengingat nanti di Tanah Suci akan membutuhkan kebugaran saat melaksanakan rangkaian ibadah," katanya.

Baca juga: Kemenag: Pemberangkatan haji dibagi dua gelombang

Baca juga: Kemenag dan Kemenkes latih petugas haji Embarkasi Makassar

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022