BPIP terus sosialisasi dan bumikan Pancasila di Tanah Air

BPIP terus sosialisasi dan bumikan Pancasila di Tanah Air

Kepala BPIP Yudian Wahyudi saat memberikan tausiyah dalam Syawalan Keluarga Alumni Fisipol Gadjah Mada di UGM Yogyakarta. (ANTARA/HO-Tim Humas BPIP)

Jakarta (ANTARA) - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan terus menyosialisasikan dan membumikan Pancasila di seluruh Tanah Air, melalui kolaborasi pentahelix yang saling mengisi bersama segala unsur.

"Kami, baru saja, Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala, dilantik Presiden Republik Indonesia. Kami, BPIP, tentu akan melanjutkan tugas yang dibebankan kepada kami untuk membumikan Pancasila di seluruh Tanah Air, dari Sabang-Merauke, Miangas-Pulau Rote," kata Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Wisnu Bawa Tenaya usai pelantikan di Jakarta, Selasa.

Wisnu mengatakan sosialisasi Pancasila itu akan dilakukan melalui lembaga pendidikan, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi, serta diseluruh lembaga negara.

"Maka, mari kita ajak kolaborasi pentahelix saling mengisi, saling membangun, untuk bersama-sama membangun peradaban dunia," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPIP Yudian Wahyudi dalam keterangannya mengatakan BPIP akan melanjutkan sosialisasi Pancasila ke setiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Yudian, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sosialisasi Pancasila yang dilakukan BPIP akan lebih banyak memasuki kalangan generasi milenial, dengan menggunakan media digital, media sosial, kegiatan musik, olahraga, serta budaya.

"Agar Pancasila ini terpahami, terhayati, dan teramalkan dengan mudah, khususnya bagi generasi yang milenial," jelasnya.

Baca juga: Megawati: Hari Lahir Pancasila momentum kembali pada jati diri bangsa

Pada pelantikan pengurus kali ini, katanya, BPIP diperkuat oleh dua tokoh baru, yakni Karjono sebagai Wakil Kepala BPIP serta mantan rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Amin Abdullah sebagai anggota dewan pengarah Amin Abdullah.

Dua tokoh baru dalam jajaran BPIP tersebut akan menambah energi dan kekuatan dalam kolaborasi internal maupun dengan semua pihak, terutama kepada kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L).

"Kami mohon dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Mudah-mudahan tugas kami membumikan Pancasila berjalan lancar dan tepat sasaran," kata Yudian.

Presiden Joko Widodo melantik Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP di Istana Negara, Jakarta, Selasa. Pelantikan berdasarkan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 58B Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Susunan Dewan Pengarah BPIP periode 2022-2027 yang baru dilantik itu ialah Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua, Try Sutrisno sebagai Wakil Ketua, serta Wisnu Bawa Tenaya sebagai Sekretaris. Sementara, menjabat sebagai anggota Dewan Pengarah BPIP yaitu Said Aqil Sirajd, Sudhamek AWS, Anangguru Yewangoe, Rikard Bagun, dan Muhammad Amin Abdullah.

Dalam keputusannya Presiden juga mengangkat Yudian Wahyudi sebagai Kepala BPIP dan Karjono sebagai Wakil Kepala BPIP.

Baca juga: Presiden lantik jajaran BPIP masa jabatan 2022-2027
Baca juga: BPIP: Pancasila harus dipraktikan untuk respons segala tantangan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar