Info Haji

Jamaah calon haji diingatkan untuk batasi aktivitas luar ruangan

Jamaah calon haji diingatkan untuk batasi aktivitas luar ruangan

Tangkapan layar - Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Budi Sylvana saat menyampaikan keterangan pers penyelenggaraan haji 1443 Hijriah/2022 Masehi di Jakarta, Selasa (7/6/2022). (ANTARA/Asep Firmansyah/Youtube-Kemenag)

Jamaah calon haji untuk tidak banyak beraktivitas di luar ruangan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Budi Sylvana kembali mengingatkan jamaah calon haji untuk banyak minum air mineral dan membatasi aktivitas luar ruangan karena suhu di Saudi sangat panas mencapai 44 derajat celsius.

"Kami selalu mengimbau kepada jamaah calon haji untuk tidak banyak beraktivitas di luar ruangan. Apabila harus keluar ruangan, jamaah perlu melengkapi alat pelindung diri dan memakai sandal atau alas kaki," ujar Budi Sylvana dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Budi mengatakan suhu tertinggi di Arab Saudi mencapai 44 derajat celsius namun terasa lebih panas seperti suhu 47 derajat celsius pada siang hari. Sementara suhu terendah 33 derajat celsius pada dini hari.

Apabila dibandingkan dengan Jakarta, suhu rata-rata tertinggi mencapai 32 derajat celsius dan suhu terendah 25 derajat celsius.

Baca juga: Jamaah calon haji diminta tetap bersandal di pelataran Masjid Nabawi

Baca juga: Kemenag ingatkan cuaca panas di Tanah Suci


Budi berharap jamaah memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga Kesehatan. Pemerintah juga memohon bantuan dan dukungan semua pihak, terutama alim ulama dan para guru agar dapat menyampaikan di majelis-majelis ilmu yang diampunya tentang pentingnya menjaga kesehatan selama di Tanah Suci.

"Kami juga minta para pembimbing ibadah dan petugas haji selalu mengedukasi jamaah untuk memperbanyak minum, jangan menunggu haus, serta tidak melakukan aktivitas yang berlebihan," kata dia.

Di samping itu, saat ini sudah ada 7.054 jamaah haji Indonesia di Madinah. Dari jumlah itu, ada dua jamaah yang sedang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Adapun pada hari keempat operasional pemberangkatan pada Selasa, akan diberangkatkan 3.259 jamaah dari lima embarkasi, yaitu dua kloter dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede atau JKG (786 orang), dua kloter dari embarkasi Jakarta-Bekasi atau JKS (820).

Lalu satu kloter dari embarkasi Padang atau PDG (393) dan embarkasi Solo atau SOC (360), serta dua kloter dari embarkasi Surabaya atau SUB (900).

Baca juga: Menag puas hotel jemaah haji dekat Masjid Nabawi

Baca juga: Menag minta kawal kualitas layanan jamaah haji

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar