Sinergi dalam training diharapkan memberikan pengalaman dan menambah pengetahuan para Inspektur keamanan yang berguna untuk memantau, menganalisis, dan penindakan di lapangan dapat berjalan dengan baik serta menghasilkan pelaksanaan yang optimal
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama Australia berkolaborasi menggelar pelatihan bagi Inspektur keamanan/Auditor ISPS Code yang dilaksanakan di Semarang, pada 6 - 8 Juni 2022.

Kasubdit Patroli dan Pengamanan KPLP, Capt Ramadhan Hasri Harahap dalam kegiatan “Maritime Security Inspector Training” mengatakan bahwa latihan tersebut merupakan kegiatan rutin yang selama ini dilakukan antar kedua negara.

"Sinergi dalam training diharapkan memberikan pengalaman dan menambah pengetahuan para Inspektur keamanan yang berguna untuk memantau, menganalisis, dan penindakan di lapangan dapat berjalan dengan baik serta menghasilkan pelaksanaan yang optimal," kata Ramadhan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ramadhan menjelaskan, keamanan maritim merupakan suatu keadaan yang menjamin berbagai kegiatan di laut termasuk kegiatan pelayaran, sehingga pelatihan bagi para Inspektur keamanan. Penjamin mutu keamanan sangat penting.

"Pelatihan ini juga dapat mempercepat monitoring dan Analisa Potensi Keamanan di sekitar perairan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien dalam melakukan tugas pengamanan perairan Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, KPLP selaku Disegnetid Authority (DA) yang berada di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memiliki tanggung jawab melaksanakan pengawasan, monitoring dan pembinaan untuk jaminan kualitas keamanan maritim, menginstruksikan kepada Fasilitas Pelabuhan dan perusahaan pelayaran agar melakukan pemenuhan dan kepatuhan yang terkait dengan Peraturan Pemerintah sebagaimana yang dipersyaratkan.

"Untuk itu betapa pentingnya penegakan keamanan maritim terhadap Fasilitas Pelabuhan dan perusahaan pelayaran sehingga terciptanya kelancaran aktivitas kegiatan operasional pelayaran dan terjamin nya keamanan maritim," katanya.

Ramadhan menambahkan, dengan adanya kegiatan “Maritime Security Inspector Training” juga diharapkan dapat bertukar informasi terkait aturan-aturan di Australia yang nantinya dapat menjadi masukan Indonesia atau panduan penyempurnaan regulasi ISPS Code.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, First Secretary (Transport) Australian Embassy Jakarta, Ms Julie Lewis dan peserta Inspektur keamanan/Auditor ISPS Code dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Menhub minta BMKG tingkatkan kecepatan dan akurasi informasi cuaca

Baca juga: Kemenhub: Indonesia strategis sebagai jalur pelayaran internasional

Baca juga: RI ajak dua negara latihan penanggulangan tabrakan kapal tanker

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022