Boyolali, Jateng (ANTARA) - Dua calon haji Embarkasi Solo, Jawa Tengah, harus dirujuk ke rumah sakit, sehingga keduanya tertunda keberangkatan bersama kelompok terbangnya ke Tanah Suci.

Dua calon haji yang dirujuk ke RS karena perlu perawatan intensif yakni satu orang kloter 5 asal Grobogan dan satu lainnya kloter 6 juga asal Grobogan, kata Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Syarul Samsudin, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa.

Baca juga: Jamaah calon haji diingatkan untuk batasi aktivitas luar ruangan

"Kedua calon haji yang sakit itu, dirujuk ke RS TNI Angkatan Udara (AU) Karanganyar, karena sakit radang mata. Jamaah yang sakit radang mata itu, tidak layak terbang sehingga keduanya tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci," kata Sarip.

Sarip menjelaskan jamaah calon haji  kloter 5 asal Grobogan telah diberangkatkan ke Tanah Suci, melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Senin (6/6) pukul 11.10 WIB dan JCH kloter 6 telah diterbangkan, Selasa ini, pukul 02.14 WIB. 

Baca juga: Kemenko PMK: Jamaah calon haji perhatikan kondisi kesehatan

Namun, kedua calon haji  yang tertunda bisa diberangkatkan setelah mendapat rekomendasi dari dokter, dan diberangkatkan ke Tanah Suci bersama kloter selanjutnya.

Sarip mengatakan pelayanan di bidang kesehatan di Embarkasi Solo sejauh ini berjalan lancar dan baik. JCH yang datang dan masuk ke Asrama Haji Donohudan Boyolali ditempatkan ke Gedung Jedah kemudian satu per satu cek kesehatan terakhir oleh Tim Kesehatan PPIH Embarkasi Solo.

Baca juga: Dokter: Calon haji perlu konsumsi air secara rutin tiap 2-3 jam

Pada cek kesehatan di Klinik Asrama Haji Donohudan oleh tim dokter. Jika ada JCH yang perlu perawatan intensif, maka akan dirujuk ke rumah sakit yang ditunjuk.

PPIH Embarkasi Solo ada beberapa RS untuk rujukan JCH yang sakit, antara lain RS TNI AU Karanganyar dan RSUD Dr. Moewadi Solo.

"Jadi akan dilihat kondisi kesehatan masing-masing jamaah apabila perlu dirujuk langsung dibawa ke RS TNI AU, tetapi jika penuh bisa ke RSUD Dr Morwardi Solo," katanya.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo hingga hari kelima penyelenggaraan haji 2022 telah memberangkatkan sebanyak 6 kloter dengan sebanyak 2.140 jamaah dari total rencana pemberangkatan ke Tanah Suci, 15.477 JCH asal Jateng dan D.I. Yogyakarta.

PPIH Embarkasi Solo, pada Selasa ini, juga kedatangan JCH asal Kabupaten Demak Jateng tergabung kloter 7 sebanyak 360 jamaah. JCH kloter 7 kini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir di Gedung Jedah Asrama Haji Donohudan. JCH ini, rencana diterbangkan ke Tanah Suci, Rabu (8/6) pukul 09.45 WIB.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022