Jakarta (ANTARA) - Iga Swiatek mengatakan bahwa dirinya tidak mempunyai ekspektasi apa pun untuk Wimbledon meskipun petenis nomor satu dunia itu telah mencatatkan 35 kemenangan beruntun dan meraih gelar kedua di French Open.

Titel juara French Open menjadi gelar keenam Swiatek pada tahun ini setelah sebelumnya dia juga merengkuh trofi di lima turnamen berturut-turut, yakni Doha, Indian Wells, Miami, Stuttgart, dan Roma.

Gelar tersebut sekaligus mempertegas dominasi petenis Polandia itu dalam persaingan tenis putri profesional sejak Februari lalu.

Namun untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan,
​Swiatek harus meningkatkan penampilannya di turnamen lapangan rumput, yang sejauh ini baru mengantongi empat kemenangan dan empat kekalahan pada pertandingan babak utama.

Baca juga: Bukan tandingan Gauff, Iga Swiatek juarai French Open 2022
Baca juga: Konsisten membuat Iga Swiatek tak mau dan tak akan berhenti


“Pelatih saya (Tomasz Wiktorowski) percaya saya bisa memenangi lebih banyak pertandingan di lapangan rumput,” kata Swiatek, yang sejauh ini selalu mencapai pekan kedua di tujuh turnamen Grand Slam berturut-turut.

“Saya belum tahu tentang itu. Tapi saya ingin menambahkan satu atau dua (gelar) lagi,” tambahnya.

“Sejujurnya, bermain di lapangan rumput selalu rumit. Tapi untungnya saya tidak punya harapan apa pun di sana. Itu adalah hal yang menyegarkan.”

Pada tahun lalu, Swiatek menunjukkan peningkatan di lapangan rumput dengan mencapai babak keempat Wimbledon. Pelatihnya, Wiktorowski, juga yakin bahwa Swiatek bisa mengikuti jejak mantan anak didiknya, Agnieszka Radwanska, yang pernah mencapai final Grand Slam di All England Club pada 2012.

“Saya hanya akan mempersiapkan yang terbaik,” kata petenis berusia 21 tahun itu.

“Mungkin dengan pengalaman dia dengan Aga Radwanska, itu adalah jenis lapangan favoritnya, jadi mungkin dia akan memberikan saya beberapa tips yang sebenarnya akan sangat membantu agar bisa bisa lebih menikmati bermain di rumput,” demikian AFP.

Baca juga: Saya akan main di Wimbledon bila tubuh saya mengizinkan, kata Nadal
Baca juga: Swiatek perpanjang keunggulan peringkat WTA
Baca juga: Lanjutkan tur Eropa, Aldila Sutjiadi tampil di Nottingham Open 2022


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022