Jakarta (ANTARA) - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Andi Widjajanto mengatakan lembaganya saat ini tengah mengembangkan kajian mengenai Papua sesuai  arahan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

"Arahan itu sedang kami jalankan, kami berharap dalam waktu tidak terlalu lama, kami bisa menyampaikan hasil kajian tentang Papua,” kata Andi Widjajanto melalui sambutannya dalam acara Kuliah Umum Wakil Presiden RI kepada Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 dan 64 Tahun 2022, di Jakarta, Selasa.

Andi menyampaikan kajian tentang Papua akan difokuskan pada empat bahasan, yaitu ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, dan demokrasi untuk Papua.

Baca juga: Gubernur Lemhannas: Transformasi militer tak cukup sampai 2045

Dia berharap dengan arahan Wapres, maka komitmen membangun Papua yang damai dan sejahtera semakin kuat.

Andi menyampaikan saat ini Lemhannas RI fokus mengkaji tentang ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, konsolidasi demokrasi, dan ketahanan Ibu Kota Nusantara.

Baca juga: Wapres minta Lemhannas bentuk tim kaji khusus terkait Papua
Baca juga: Gubernur Lemhannas minta masukan soal kurikulum saat bertemu Prabowo


Andi menyampaikan kegembiraannya atas kesediaan Wapres hadir memberikan pembekalan secara langsung di Lemhannas RI.

“Sebuah kehormatan yang diberikan kepada kami di Lemhannas RI, Bapak Wapres bersedia meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada kami, terutama kepada PPRA 63 dan 64 yang disiapkan untuk menjadi pemimpin nasional tiga sampai lima tahun ke depan,” ujar Andi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022