Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksa Imigrasi (TPI) Tanjung Priok, Jakarta Utara, mulai melayani pembuatan paspor di rumah untuk pemohon lanjut usia, orang sakit dan disabilitas.

Pada Februari-Mei 2022, menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok Abdi Widodo Subagio di Jakarta, Selasa, sudah ada tiga penerbitan paspor menggunakan layanan tersebut. 

Layanan itu digagas dimulai sejak Januari 2022 dengan nama "Imigrasi Priok Melayani Anda" (I'PRIMA).

"I'PRIMA digagas dari Januari 2022, cuma permohonan baru ada Februari karena di kantor juga ada layanan prioritas yang datang langsung ke kantor. Dari Februari-Mei sudah tiga kali (penerbitan)," katanya.

Layanan I’PRIMA diperuntukkan bagi lansia (di atas 65 tahun), orang sakit dan disabilitas karena tidak memungkinkan mengantre di antrean umum Kantor Imigrasi Tanjung Priok sehingga dibuatkan jadwal khusus untuk pengambilan foto dan biometrik.

Teknisnya, pemohon hanya perlu mengakses situs https://www.iprimatanjungpriok.com/iprima dan memasukkan tanggal pelayanan yang diinginkan dan alamat e-mail pribadi.

Baca juga: Imigrasi pastikan kru dan pebalap Formula E patuhi aturan
Baca juga: Imigrasi Jakut amankan 18 WNA di Apartemen Gading Nias Residence

Selanjutnya, pemohon akan diarahkan untuk mengisi kolom isi data pribadi seperti nama, nomor KTP, nomor telepon, alamat, jumlah pemohon layanan dan lain-lain. Lalu klik submit untuk memproses permohonan.

Abdi Widodo mengatakan, pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) turut melahirkan inovasi dalam pelayanan keimigrasian tersebut.

Zona Integritas memberikan dampak positif pada instansi tersebut, mulai dari peningkatan kualitas pelayanan, meningkatkan motivasi dan semangat pegawai dalam bekerja, hingga meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

Beragam inovasi pelayanan lahir dari permintaan masyarakat, seperti Imigrasi Priok Melayani Anda (I'Prima), Berita Acara Pemeriksaan Paspor Hilang atau Rusak dalam Satu Hari (Bahari) dan Sistem Informasi Kedatangan Kapal (Si Kakap).

“Kami akan terus bekerja keras tanpa kenal lelah demi mewujudkan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM, karena komitmen ini adalah bagian dari ikhtiar untuk memberikan pelayanan publik yang bersih tanpa korupsi dan gratifikasi,” kata Abdi.

Baca juga: Permintaan paspor di Kantor Imigrasi Tanjung Priok meningkat
Baca juga: Imigrasi Jakut bersama Tim PORA antisipasi kejahatan siber WNA

 
Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM mengevaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (6/6/2022). ANTARA/ HO-Humas Imigrasi Tanjung Priok

Tim Penilai Internal Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pun memuji upaya Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok dalam mewujudkan Zona Integritas di lingkungan kerjanya.

Pujian tersebut disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan Evaluasi Satuan Kerja Berpredikat menuju Wilayah Bebas Korupsi yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI yang dipimpin oleh Ismanjono, Senin.

Tim Penilai Internal dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI tersebut mengapresiasi perubahan yang telah dilakukan oleh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok demi mewujudkan pembangunan zona integritas di lingkungannya.

Di samping itu, Tim Penilai Internal berharap semangat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok dalam membangun Zona Integritas selalu dipertahankan dan semoga pada puncaknya berhasil meraih predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022