Jakarta (ANTARA) -
FLAVS Festival 2022, festival musik yang mewadahi musisi di kancah hip hop, soul, dan R&B, mengumumkan daftar penampil fase pertama mulai dari Afgan, Saykoji, Raisa, Iwa K, Tuan Tigabelas & REP, Tiara Andini, Yura Yunita, Ramengvrl, Basboi, Blakumuh, Insthinc, Joe Million, hingga NDXAKA.

Baca juga: FLAVS 2021 sukses suguhkan bintang baru Hip Hop,Soul,dan R&B Tanah Air

Ada juga Juicy Lucy, Rizky Febian, T-Five, Teza Sumendra, The Couch Club, Yura Yunita, OrangHutan Squad, Wasaka, Negatif Satu, Ghetto Side (Alifuru Hip Hop, Sangsaka, Tickang Palungku), MukaRakat, Januarta The Goat, dan Block8. Daftar penampil lainnya akan diumumkan pada Juli dan Agustus mendatang.​​​​​​

Igor Saykoji saat konferensi pers di Jakarta pada Selasa mengatakan bahwa di FLAVS Festival 2022, dia akan membawakan penampilan yang berbeda dari biasanya.

"Biasanya kan pake DJ, ada gitaris juga. Tapi kali ini gue akan dengan full band, lalu ada beberapa temen pemain instrumen yang udah gue tanya untuk ikutan. Tapi instrumennya seperti apa, mainnya seperti apa, nonton aja," kata Igor.

Senada dengan Igor, Iwa K juga mengatakan dia akan tampil dengan full band. Tak hanya itu, dia juga akan merilis single terbarunya di FLAVS Festival 2022.

Baca juga: "Gemah Ripah Loh Symphony" akulturasikan hip hop dengan orkestra

"Gue akan rilis single di FLAVS ini. Single-nya seperti apa ya lihat nanti," imbuhnya.

Program Director FLAVS Yacko mengatakan FLAVS Festival 2022 mengusung tema "Revival" yang diharapkan dapat menjadi tanda kebangkitan festival industri kreatif termasuk musik di Indonesia pascapandemi COVID-19. Selain itu, festival tersebut juga diharapkan dapat menjadi rumah bagi para pelaku musik hip hop, soul, dan R&B, serta para penggemarnya.

"Selama ini kita tahu bahwa festival di luar sana paling hanya ada beberapa rapper yang nyelip di sana. Hopefully, FLAVS bisa menjadi rumah, jadi space yang aman juga, untuk semua pelaku, musisi, dan penggerak hip hop, soul, dan R&B di Indonesia, serta para penggemarnya," ujar Yacko.

FLAVS Festival 2022 akan digelar pada 10-11 September 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Festival juga dapat disaksikan secara daring sehingga para pegiat dan pecinta hip hop, soul, dan R&B di seluruh penjuru Tanah Air dapat ikut merasakan kemeriahannya.

Tiket tersedia di laman www.flavs.id. Ada dua jenis tiket yang ditawarkan yakni two-day-pass dan daily pass.
 
Untuk two-day-pass, dijual seharga Rp250 ribu (early bird), Rp400 ribu (presale), Rp500 ribu (regular), dan Rp75 ribu (virtual). Sedangkan untuk daily pass seharga Rp250 ribu (presale), Rp325 ribu (regular), dan Rp50 ribu (virtual).

Menjelang penyelenggarannya, FLAVS Festival 2022 menggelar rangkaian roadshow bertajuk "What the F.L.A.V.S" yang akan menyambangi sejumlah titik di Jakarta yang saat ini masih disimpan sebagai kejutan. Nantinya, pada roadshow tersebut, akan diselenggarakan Beatbox Battle, Freestyle Session, Bboy/Bgirl Battle, Openstyle Battle, dan Graffiti Battle, serta pertunjukan musik.

Ada pula kompetisi virtual yang dilakukan melalui media sosial yakni FLAVS NU ICON yang bertujuan menjaring lebih banyak talenta-talenta lokal yang ada di berbagai penjuru daerah. Acara tersebut telah berlangsung sejak 24 Mei 2022.



Baca juga: FLAVS 2021 jadi wadah tumbuh musik hip hop, Soul, dan R&B anak bangsa

Baca juga: Rinni Wulandari siapkan kejutan di Flavs Virtual Festival

Baca juga: Flavs 2020 diundur pada Agustus karena corona

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022