Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggelar bazar pangan murah bersubsidi selama Juni 2022 di beberapa rumah susun (rusun) di wilayah tersebut.

"Kita gelar di beberapa rusun untuk memudahkan warga mendapatkan harga pangan murah," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Barat (Jakbar), Iwan Indrianto 
saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Iwan menjelaskan, bazar itu digelar di lima rusun, yakni Rusun Tambora, Rusun Flamboyan, Daan Mogot Blok, Daan Mogot Tower dan Rusun Rawa Buaya.

Stok pangan untuk bazar di Rusun Flamboyan Blok, Rusun Daan Mogot Blok, Rusun Daan Mogot Blok, Rusun Daan Mogot Tower dan Rusun Rawa Buaya akan didistribusikan pada Kamis (9/6).

Sedangkan untuk bazar di Rusun Tambora akan digelar pada Rabu (8/6). Harga bahan pokok yang dijual dalam bazar tersebut dipastikan di bawah harga pasaran.

Baca juga: DKPKP gelar bazar cabai murah di pasar dan kantor kelurahan
Baca juga: Stok pangan di DKI Jakarta aman


Sebagai contoh, harga daging sapi di bazar tersebut hanya ssekitar Rp35.000 per kilogram (kg). Padahal di pasaran, harga daging sapi masih mencapai Rp150.000 per kg.

Selain itu, harga beras dibandrol Rp30.000 per lima kg, daging ayam Rp8.000 per ekor, ikan kembung Rp13.000 per kg, susu UHT seharga Rp30.000 per satu karton atau 24 buah dan telur ayam Rp10.000 per 15 butir.

Walau demikian, Iwan menegaskan bahan pangan murah itu tidak bisa dijual ke sembarang orang. "Ada beberapa syarat, harus terdaftar sebagai pemilik Kartu Jakarta Pintar Plus, bukan PNS, guru non PNS dan petugas PJLP," kata dia.

Beberapa syarat lainnya, kata Iwan, bisa dilihat warga di akun Instagram @sudin_kpkpjb. Iwan berharap, upaya tersebut dapat membantu warga kelas menengah ke bawah dalam mendapatkan kebutuhan pangan murah.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022