Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur, menghadirkan layanan Geriatri sebagai inovasi untuk mengakomodasi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi pasien lanjut usia (lansia).

Direktur Utama RSUP Persahabatan, Agus Dwi Susanto mengatakan, inovasi layanan Geriatri yang dihadirkan mulai dari deteksi dini, pelayanan Geriatri ekslusif, penyediaan katering. Hal itu melengkapi berbagai layanan yang telah ada sebelumnya seperti vaksin lansia hingga akupuntur lansia.

"Kegiatan ini tentu sebagai suatu sarana bagaimana RSUP Persahabatan memberikan pelayanan yang paripurna kepada pasien lansia. Ini memberikan manfaat yang besar kepada pasien lansia," kata Agus di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, RSUP Persahabatan telah melakukan survei tentang kebutuhan lansia di Jakarta Timur.

Dari 1.223 responden yang disurvei, keluhan yang sering dirasakan adalah tidak adanya pelayanan khusus bagi lansia di rumah sakit.

"Pada prinsipnya layanan itu adalah salah satu upaya kami untuk juga memenuhi standar akreditasi rumah sakit dan juga mendukung kesehatan usia lanjut di negara kita," ujar Agus.

Pemerintah Kota Jakarta Timur memberikan apresiasi atas kehadiran layanan Geriatri bagi lansia di RSUP Persahabatan.

"Menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada RSUP Persahabatan atas diresmikan Geriatri, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," ujar Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur Achmad Salahudin.
Baca juga: Harapan Menkes saat Hari Ulang Tahun RSUP Persahabatan
Baca juga: RSUP Persahabatan minta masyarakat disiplin prokes cegah COVID-19

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022