Ketiga ruas tersebut yang paling dekat untuk bisa kita tuntaskan dan sudah uji laik fungsi, harapannya bisa diresmikan oleh Presiden Jokowi
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyatakan terdapat tiga ruas jalan tol yang segera diresmikan dalam waktu dekat.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit di Jakarta, Selasa, mengatakan ketiga ruas tersebut adalah Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 sepanjang 24,65 kilometer (km) dengan badan usaha jalan tol (BUJT) PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways.

Kemudian, Tol Padang-Pekanbaru Seksi Pekanbaru-Bangkinang (31 km) dengan BUJT PT Hutama Karya dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung (16,7 km) dengan BUJT PT Hutama Karya.

"Ketiga ruas tersebut yang paling dekat untuk bisa kita tuntaskan dan sudah uji laik fungsi, harapannya bisa diresmikan oleh Presiden Jokowi," ujarnya.

Ketiga ruas merupakan bagian dari 16 ruas tol baru yang akan diresmikan pada tahun ini.

Berdasarkan data BPJT, 13 ruas lainnya yakni Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Limo (3,6 km) dengan BUJT PT Cinere Serpong Jaya (CSJ); Cinere-Jagorawi Seksi 3 Limo-Kukusan (5,5 km) dengan BUJT PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ); Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1A, 2A dan 2A-Ujung (6,6 km) dengan BUJT PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM); dan Serpong-Balaraja Seksi 1A (5,2 km) dengan BUJT PT Trans Bumi Serbaraja (TBS).

Selanjutnya, ruas Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Kutanegara-Sadang (8,5 km) dengan BUJT PT Jasamarga Japek Selatan; Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 2-6 (49,3 km) dengan BUJT PT Citra Karya Jabar Tol; Sigli-Banda Aceh Seksi 1,5,6 (38,2 km) dengan BUJT PT Hutama Karya; Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak (16,3 km) dengan BUJT PT PP Semarang-Demak; dan Sp Indralaya-Prabumulih (64,7 km) PT Hutama Karya.

Ruas berikutnya yang ditargetkan selesai akhir 2022 adalah Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km) dengan BUJT PT Trans Jabar Tol; Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 dan 2 Tebing Tinggi-Kuala Tanjung (38,5 km) dengan BUJT PT Hutama Marga Waskita; Cibitung-Cilincing Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing (7,52 km) dengan BUJT PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways; dan Cimanggis-Cibitung Seksi 2 Segmen Jatikarya-Cikeas (3,5 km) dengan BUJT PT Cimanggis Cibitung Tollways.

Danang menyatakan hingga Juni 2022 tercatat total pengoperasian jalan tol di Indonesia telah mencapai 2.500 km yang terbagi menjadi 66 ruas dan 46 BUJT di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Realisasi jalan tol beroperasi sejak tahun 2021 hingga akhir tahun 2022 adalah sepanjang 164,98 km dengan persentase kenaikan sebesar 18,59 persen. Ditargetkan hingga akhir tahun 2022 jalan tol operasi mencapai 2.955 km, sehingga di tahun 2024 mendatang, total panjang jalan tol operasional akan mencapai 4.761 km," kata Danang.

Baca juga: Pemerintah target tuntaskan pembangunan 16 jalan tol baru tahun ini
Baca juga: Pembebasan lahan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I ditargetkan selesai Juli
Baca juga: Pemprov Riau usul pembangunan Tol Dumai-Baganbatu-Sigambal mulai 2023


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022