Jakarta (ANTARA) - Festival film berskala Internasional Jakarta Film Week kembali digelar di Jakarta pada 13-16 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Emerge”.

Direktur Festival Rina Damayanti mengajak sineas dari dalam dan luar negeri untuk ikut serta dalam gelaran persembahan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Baca juga: Jakarta Film Week angin segar untuk pelaku industri di Indonesia

Rina mengatakan acara ini dihadirkan guna menyongsong dan menjelajahi era baru pasca-pandemi melalui berbagai film pilihan serta kegiatan bersama pelaku industri dan komunitas film.

Pihak penyelenggara berharap antusiasme peserta dan penonton dapat menguatkan kembali industri perfilman tanah air dan dunia.

“Pandemi masih ada sampai hari ini, tapi kini kita bisa melihat dengan optimisme baru sebagai tanda akan era baru,” kata Rina melalui keterangan resmi pada Selasa.

Menurut penyelenggara, Jakarta Film Week diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku industri film Indonesia, terutama di Jakarta agar semakin berkembang baik secara wacana, keterampilan, serta pengembangan jaringan.

Baca juga: JFW 2021 bukti Jakarta dukung bangkitnya ekosistem film Indonesia

Selain itu dapat menjadi pemicu bagi industri film di daerah lain untuk semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kualitas industri film di Indonesia secara keseluruhan.

Adapun program Jakarta Film Week yang akan dihadirkan antara lain roadshow, road to Jakarta Film Week, program film kompetisi dan non-kompetisi, Jakarta Film Fund, dan program lainnya.

Bagi para pembuat film yang ingin berpartisipasi, pendaftaran sudah dibuka di situs resmi www.jakartafilmweek.com. Peserta dapat mendaftarkan film pendek dan panjang, hingga film animasi dalam program Film Competition.

Seluruh persyaratan dapat diakses di bit.ly/JFW2022FilmSubmission. Kesempatan ini terbuka untuk pembuat film nasional dan internasional.

Untuk program kompetisi Jakarta Film Fund, pendaftaran juga sudah dibuka bagi para pembuat film yang ingin bergabung. Peserta dapat mendaftarkan proposal ide cerita film pendek melalui situs resmi Jakarta Film Week.

Melalui Jakarta Film Fund, nantinya pembuat film generasi baru berkesempatan mendapat dukungan pendampingan teknis, sumber daya produksi sebesar Rp50 juta, dan mentoring profesional. Kompetisi ini khusus untuk warga DKI Jakarta.

Seluruh program dan informasi terkait Jakarta Film Week dapat diakses melalui situs resmi dan media sosial Instagram @jakartafilmweek.


Baca juga: "Death Knot" ramaikan Jakarta Film Week

Baca juga: Anies: Pemerintah fasilitasi film agar berjaya di negeri sendiri

Baca juga: Festival diharapkan bisa dorong ekosistem perfilman lokal

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022