Merupakan suatu kehormatan bagi kami selaku pengelola kawasan The Nusa Dua bahwa kawasan kami akan menjadi lokasi pertama di luar benua Eropa yang akan menyelenggarakan VWD
Badung (ANTARA) - Kawasan pariwisata The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali siap menjadi tuan rumah kegiatan otomotif dunia bertajuk Vespa World Day 2022 (VWD 2022) pada 9-12 Juni mendatang.

Rencananya, kegiatan itu akan diselenggarakan di Pulau Peninsula yang ada di dalam yang dikembangkan dan dikelola oleh BUMN PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan diikuti 8.500 orang pecinta vespa dari 27 negara.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, Selasa mengatakan, VWD 2022 yang digelar di The Nusa Dua itu tercatat sebagai pelaksanaan Vespa World Day pertama yang diselenggarakan di luar benua Eropa.

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami selaku pengelola kawasan The Nusa Dua bahwa kawasan kami akan menjadi lokasi pertama di luar benua Eropa yang akan menyelenggarakan VWD," ujarnya.

Menurut dia, pemilihan lokasi tersebut menunjukkan kepercayaan pemangku kepentingan atau stakeholders kepada Indonesia dan Bali, serta khususnya kepada potensi kawasan The Nusa Dua dalam menyelenggarakan kegiatan Meeting Incentive Conference Exhibition (MICE) berskala internasional

Ia menjelaskan, selain memiliki fasilitas akomodasi berbintang yang dapat menampung ribuan peserta, kawasan The Nusa Dua juga memiliki lokasi terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan pertemuan bagi ribuan orang yaitu Pulau Peninsula.

"Pulau Peninsula ini adalah pulau dengan luas lima hektare yang menghadap Samudera Hindia. Pulau ini akan menjadi tempat berkumpulnya seluruh peserta VWD untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti pameran, bazar dan panggung hiburan," kata Ngurah Ardita.

Ia menambahkan, dalam mendukung Pulau Peninsula sebagai lokasi utama pertemuan, beberapa area parkir di The Nusa Dua akan dikelola sebagai titik masuk dan keluar serta menjadi pusat mobilisasi peserta VWD, selain menjadi tempat diselenggarakannya kontes dan atraksi motor Vespa.

Sementara, lokasi lain di kawasan seperti Art Bali-ABBC Building Bali Collection kawasan The Nusa Dua akan digunakan sebagai Vespa Museum yang akan menampilkan koleksi Vespa yang sangat langka serta memiliki sejarah Indonesia.

Ngurah Ardita mengungkapkan, terkait dengan akomodasi, sebanyak 12 hotel berbintang di The Nusa Dua telah melakukan kerja sama dengan penyelenggara VWD sebagai official hotel partner.

"Melalui kerja sama ini, berbagai benefit menarik tersedia bagi peserta VWD diantaranya harga spesial untuk menginap. Selain itu, dengan menginap di kawasan kami, mobilitas peserta dan pengunjung
menuju lokasi-lokasi kegiatan VWD pun akan lebih mudah dan cepat," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya siap menyambut para pecinta Vespa datang dan menikmati kawasan The Nusa Dua Bali pada Vespa World Day 2022.

"Selain untuk meningkatkan okupansi kawasan, kami juga berharap event ini dapat mendorong kebangkitan kembali pariwisata Bali khususnya dan Indonesia umumnya," ujar Ngurah Ardita.

Baca juga: Tingkat hunian The Nusa Dua Bali capai 69 persen selama libur Lebaran

Baca juga: PLN-ITDC bangun SPKLU "Ultra Fast Charging" di Parkir Sentral Nusa Dua

Baca juga: Lima hotel di Nusa Dua jadi lokasi Bali Warm Up Vacation Kemenparekraf

 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022