saya yakin pemda dan pemangku kepentingan di daerah akan ringan tangan membantu perguruan tinggi
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mendorong adanya kolaborasi berbagai pihak untuk mewujudkan Kampus Merdeka.

Suharti menyampaikan itu saat melantik sejumlah pejabat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) dan perguruan tinggi serta Fungsional Ahli Utama di Jakarta, Selasa.

Adapun para pejabat yang dilantik, adalah Ketut Wiradnyana selaku Peneliti Ahli Utama di Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan; Dady Mairuhu sebagai Direktur Politeknik Negeri Ambon Periode 2022-2026; Joko Sutopo Sugeng Hartono selaku Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong Periode 2022-2026.

Selain itu Iskhaq Iskandar selaku Kepala LLDikti Wilayah II; Afdalisma selaku Kepala LLDikti Wilayah X; Rizal Munadi selaku Kepala LLDikti Wilayah XIII; dan Munawir Sadzali Razak sebagai Kepala LLDikti Wilayah XVI.

Baca juga: Festival Musikal Indonesia diharapkan jadi wadah kebaruan seni budaya

Suharti dalam kesempatan ini menekankan pentingnya LLDikti dan perguruan tinggi untuk mengembangkan kolaborasi dengan berbagai pihak guna meraih cita-cita Kampus Merdeka, terutama dengan dunia usaha, industri dan pemerintah daerah (pemda).

“Ketika kita bisa memberi nilai tambah terhadap kebutuhan di daerah, saya yakin pemda dan pemangku kepentingan di daerah akan ringan tangan membantu perguruan tinggi yang Saudara-saudara pimpin,” kata Suharti.

Kepada Direktur Politeknik Negeri Ambon dan Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong, Suharti menekankan bahwa kinerja keduanya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran amat dibutuhkan Kemendikbudristek untuk memastikan pendidikan benar-benar menjawab tuntutan kebutuhan Tanah Air dan meningkatkan kebekerjaan lulusan.

Baca juga: Mendikbudristek: Guru non-ASN lolos "passing grade" diprioritaskan

“Banyak masyarakat memilih pendidikan vokasi, politeknik, dan akademi komunitas, dan banyak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Mereka sangat berharap ketika lulus bisa mendapat kehidupan yang lebih baik. Mari, bersama-sama memastikan hal itu terjadi,” pesan Suharti.

Kepada para pimpinan LLDikti yang baru dilantik, Suharti mengatakan untuk terus membina dan mendampingi program-program prioritas Kemendikbudristek, terutama Kampus Merdeka.

“LLDikti berperan sebagai perangkat jaringan (hub) kerja sama antar perguruan tinggi maupun dengan lembaga-lembaga lain tingkat nasional dan internasional,” ucap Suharti.

Ditegaskan Suharti, fungsi pengendalian dan pengawasan LLDikti dan perguruan tinggi juga sangat penting, salah satunya lewat mitigasi dini persoalan di masing-masing dan antarlembaga.

Ia juga membahas pentingnya pimpinan LLDikti untuk turut memastikan Program Indonesia Pintar Kuliah berjalan dengan lancar.

“Dengan tata kelola transparan dan akuntabel, kita pastikan mereka yang dapat bantuan adalah benar-benar yang membutuhkan,” ucap Suharti.

Selain itu, karena LLDikti juga bertugas memberikan layanan perizinan pembukaan perguruan tinggi dan program studi, Suharti mengimbau LLDikti agar memastikan perguruan tinggi terlayani dengan mudah dan akuntabel.

Baca juga: Pergelaran seni-budaya Sabang-Merauke dan spirit kebinekaan

“Dengan demikian, mereka tidak perlu lagi berpikir mencari pihak lain untuk mengurus perizinan perguruan tinggi. Akuntabilitas Bapak dan Ibu ada di situ,” tegas Suharti.

Kepada Peneliti Ahli Utama BSKAP, Ketut Wiradnyana, Suharti menekankan keahlian arkeologi dan sejarah budaya yang dimiliki Ketut akan memperbesar perannya.

"Indonesia, dengan kekayaan budaya tak ternilai, adalah laboratorium yang butuh banyak penelitian. Bidang yang Saudara tekuni semakin diperlukan. Semoga kiprah Saudara ke depan, makin berarti bagi kemajuan pendidikan dan kebudayaan serta menjadi inspirasi bagi para peneliti muda,” tutur Sesjen Suharti.

Selain itu, Suharti juga menekankan pentingnya pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia Kemendikbudristek. Dirinya mengimbau para pejabat yang dilantik memastikan komunikasi yang baik dan konsolidasi internal terjadi.

"Kita ingin semua jajaran kita dari atas sampai bawah paham kebijakan kita dan tahu apa yang jadi tugas masing-masing unit kerja. Dengan demikian, secara kolektif, apa yang dilakukan masing-masing unit kerja dapat berkontribusi pada pencapaian kinerja Kemendikbudristek,” kata Suharti.

Baca juga: Guru honorer apresiasi terbitnya aturan terbaru Permenpan RB

Pada kesempatan ini, dilaksanakan juga penandatanganan berita acara serah terima Jabatan Direktur Politeknik Negeri Ambon dari Beny Bandanadjaja kepada Dady Mairuhu; Jabatan Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong dari Abdul Aziz kepada Joko Sutopo Sugeng Hartono.

Selain itu Jabatan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X dari Herri kepada Afdalisma; Jabatan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIII dari Faisal kepada Rizal Munadi; serta Jabatan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XVI dari Mahludin H Baruwadi kepada Munawir Sadzali Razak.

Sekjen mengapresiasi para pejabat terdahulu yang telah memberikan dedikasi dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidikan tinggi. 

Baca juga: Kemendikbudristek dorong lulusan SMK bersaing pada skala internasional

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022