fokuskan diri untuk beribadah
Solok (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Solok, Sumbar Zul Elfian Umar melepas sebanyak 51 jamaah calon haji di daerah setempat termasuk Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra yang akan menunaikan ibadah haji 1443 Hijriah ke tanah suci Mekkah.

"Total sebanyak 51 jamaah calon haji Kota Solok termasuk Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra," kata Zul Elfian di Solok, Selasa.

Ia juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada 51 orang jamaah calon haji yang berasal dari Kota Solok.

"Ini semua merupakan kehendak Allah. Allah yang mengundang bapak dan ibu calon haji untuk hadir ke rumah Allah, Baitullah," ujar dia.

Selain itu, dari total keseluruhan sebanyak 51 jamaah calon haji tersebut berasal dari masing-masing kelurahan dan kecamatan di Kota Solok dengan usia termuda 29 tahun dan usia tertua 64 tahun.

Baca juga: 29.131 calon haji Indonesia dapat layanan "fast track"
Baca juga: 1.179 calon haji embarkasi Padang telah tiba di Tanah Suci


Tidak hanya itu, seluruh jamaah calon haji yang berangkat ke Tanah Suci pun sudah melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan termasuk juga peserta cadangan.

"Semoga para jamaah yang menjalani ibadah haji nantinya berjalan dengan lancar dan tidak mengalami halangan rintangan," ujarnya.

Zul Elfian juga berharap para jamaah calon haji nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik secara teori maupun praktek di Tanah Suci sesuai dengan ilmu manasik haji sehingga menjadi haji yang mabrur.

"Kita juga mengingatkan jamaah agar selalu menjaga kesehatan sehingga saat kembali ke Tanah Air nanti pulang dengan selamat," kata dia.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kota Solok Afrizal Thaib mengucapkan selamat berangkat kepada para jamaah haji. Semoga dapat menjadi haji mabrur.

"Berangkat dengan ikhlas. Fokuskan diri untuk beribadah. Tanamkan dalam diri tidak ada rangkaian ibadah haji yang berat untuk dilakukan," kata dia.

Baca juga: Kemenag kabupaten Solok lepas 83 jamaah calon haji

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022