jangan sampai terbentuk koloni-koloni digital baru
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi internet untuk kepentingan bersama demi mendukung terwujudnya kedaulatan digital bagi bangsa Indonesia.

“Kini kita memasuki perjuangan kedaulatan tahap ketiga, kedaulatan digital. Tugas kita jangan sampai terbentuk koloni-koloni digital baru. Tugas kita untuk memastikan digital space for the benefit off all. Tugas kita, untuk memastikan kita berdaulat secara digital demi faedah dan manfaat seluruh anak bangsa,” ujarnya dikutip dalam siaran persnya, Rabu.

Johnny mengatakan Indonesia sebelumnya sudah memasuki dua fase kedaulatan yang terdiri dari fase pertama yaitu kedaulatan negara saat proklamasi kemerdekaan berlangsung dan yang kedua saat memperjuangkan kedaulatan maritim.

Kedaulatan digital menjadi fase ketiga yang kini menjadi hal yang patut dijaga agar akses dan juga pemanfaatannya dapat dirasakan oleh banyak pihak.

Ia mengajak semua ekosistem untuk merefleksikan fase perjuangan para pendiri bangsa yaitu Soekarno hingga Mohammad Hatta ketika melawan koloni dan bangsa asing untuk memproklamasikan kedaulatan politik Indonesia.

“Melalui perjuangan darah dan nyawa, perih pedih. Kini kita semua mempunyai tugas mengisinya untuk mencapai cita-cita bernegara,” katanya.

Menteri Johnny menyatakan perjuangan kedaulatan negara tidak berhenti di masa proklamasi kemerdekaan, berlanjut ke kedaulatan maritim juga diperjuangkan melalui Deklarasi Djuanda untuk membangun kawasan kedaulatan di laut.

Kedaulatan digital pun sama pentingnya perlu diperjuangkan untuk mempertahankan akses yang merata dan mampu dimanfaatkan dengan bijak serta maksimal.

Lebih lanjut, Johnny mengapresiasi salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom Group yang telah membantu kedaulatan digital di Indonesia.

Lewat berbagai penyediaan akses layanan komunikasi hingga kolaborasi dengan pemerintah terutama ketika pandemi COVID-19, berkat kolaborasi itu Indonesia pun akhirnya bisa memberi akses teknologi kepada masyarakat dengan lebih baik.

"Terima kasih kepada Telkom Group, dimana masyarakat yang tidak mempunyai kesempatan untuk berjumpa secara fisik untuk melakukan aktifitas karena pandemi COVID-19, sangat terbantu dengan kehadiran teknologi digital dan kehadiran peran serta Telkom Group. Sekali lagi, terima kasih untuk itu,” katanya.

Memasuki 27 tahun Telkomsel beroperasi di Tanah Air, ia berharap layanan perusahaan telekomunikasi itu bisa terus membangun negeri bersama- sama mewujudkan visi transformasi digital nasional.

Baca juga: Menkominfo harap pembahasan RUU PDP segera selesai

Baca juga: Melirik potensi kerja sama di bidang digital Indonesia-Uni Eropa

Baca juga: Menkominfo minta distribusi bantuan STB dipercepat

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022